Tugu Sitohang

Tugu Persatuan Sitohang di Bonature Palipi (Foto: Roy Enrico Sitohang, ST)

Sejarah Pembangunan Tugu

Keluarga besar SITOHANG di seluruh Indonesia menyadari pentingnya pelestarian budaya daerah  sebagai alat pemersatu sekaligus merupakan menifestasi dari pelaksanaan falsafah Dalihan Na Tolu. Untuk mengkongkritkan dasar pemikiran di atas disepakatilah pendirian tugu yang merupakan monumen dan melambangkan persatuan dan kesatuan seluruh keturunan SITOHANG di jagad raya ini. Diputuskan untuk mendirikan Tugu Marga Sitohang di tanah leluhur di Bona Ture Urat Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir yang disebut Tugu Pomparan Ompu Pangaribuan Sitohang.

Setelah melalui berbagai musyawarah menyangkut teknis dan pendanaan oleh tokoh-tokoh Sitohang pada masa itu dilaksanakanlah peletakan batu pertama pada pembangunan fisik pada tanggal 12 Agustus 1989 di atas sebidang tanah seluas 50x75m yang diberikan oleh beberapa orang keturunan Ompu Pangaribuan Sitohang. Adapun dana yang dibutuhkan sebsar Rp. 10.626.975 yang berasal dari sumbangan toktok ripe seluruh keturunan Sitohang dan sumbangan donatur.

Selesai pembangunan fisik dilaksanakanlah Pesta Peresmian Tugu pada 5-7 Juli 1991 setelah lebih dahulu Tugu Pomparan Ompu Tuan Situmorang Sipitu Ama diresmikan. Pada upacara peresmian ini dipalu Ogung Sabangunan dengan mengundang hula-hula marga Limbong dan Manurung serta haha doli SItumorang. Boru Limbong adalah istri dari Raja Ompu Pangaribuan sedangkan Boru Manurung adalah istri Raja Babiat, anak satu-satunya dari Raja Ompu Pangaribuan.

Pembangunan Tahap II untuk meninggikan tugu dari 5 menjadi 10 meter sekaligus membuat ornamen pagar dalam tugu beserta prasasti dilaksanakan tahun itu juga sebagai upaya penyempurnaan fisik tugu.

Seiring dengan perjalanan waktu setelah 9 tahun (tahun 2000) kemudian penampilan fisik tugu sudah memudar dan kurang layak pandang sehingga dilakukanlah pemugaran atau rehabilitasi yang merupakan Pembangunan Tahap III untuk memasang keramik pada badan tugu dan tangga dengan menghabiskan biaya sebesar Rp. 30.270.000. Pelaksanaan pemugaran ini dikoordinir oleh Pengurus PSB Kotamadya Medan. Pada saat itu dirancanglah master plan Pembangunan Jangka Panjang Tugu berupa pemugaran kompleks tugu, pendirian rumah parsaktian dan sarana pendukung lainnya termasuk gardening (penghijauan/ pertamanan). Terbentur pada kesulitan dana program ini ternyata tidak dapat direalisasikan segera.

Kemudian pada tahun 2005 atas kontribusi dari seorang keturunan Sitohang yang merasa terpanggil dibangunlah kompleks tugu sesuai master plan dan sebagai ungkapan rasa sykur Keluarga Besar Sitohang dilaksanakan Pesta Syukuran dan HUT Tugu di Urat Samosir pada 24 Juli 2005.

69 thoughts on “Tugu Sitohang

  1. @Hennery Sitohang

    Thanks for visiting and comment. Have u been there?

    If not you should see and feel for yourself how wonderful the monument is, and Samosir island too…

  2. Mantap kali bahhh tugunya….jadi pengen kesana kalo ada waktu….jalan2…Horass…Piss…GBus…Amen

  3. Nah waktu peresmian tugu ini saya pernah datang dan masih ingat mamaku dulu satu manjujung saring-saring ni oppung.
    Sombu saotik sihol nung binereng gambarni tugu i

  4. @Lae Jaya Girsang,

    Kalau punya dokumentasi saat acara yang lae maksud, mohon sudi berbagi dengan pomparan ni Sitohang lainnya melalui blog ini.

    Foto-foto tersebut dapat dikirimkan ke alamat parhobas@sitohang.org

    @untuk semua pomparan ni Sitohang, lae Girsang ini beribukan boru Sitohang, dengan demikian statusnya “bere”nya Sitohang.

    Horas,

  5. @ Lae Jaya B Girsang
    Horas ma di bere nami SITOHANG sudah mau berkunjung ke blog ini, sangat diharapkan kontribusinya mungkin bisa lewat artikel yang bermanfaat (tarlumobi yang berhubungan dengan kegiatan acara paradaton Sitohang), artikel humor sehat juga boleh ataupun cerita tentang keluarga kita bisa dikirimkan ke: parhobas@sitohang.org nanti pasti dimuat.

    Teriring salam buat keluarga TERCINTA dirumah

    Horas
    Michael Sitohang

  6. Tanpa berkata apa-apa selain : Salut dan Bangga dengan Munculnya marga Sitohang yang mempunyai komitmen yang teguh……………….., Horas..!!!!
    SITOHANG JAYA !!!

  7. Horas!

    Wah foto TUGU SITOHANG kebanggan kita itu merupakan hasil jepretanku sekitar bulan Januari 2006 yg silam hehehe..🙂
    Rasanya aku turut berbangga melihat hasil karyaku banyak dipajang di mana-mana, bahkan ada yg memasangnya sbg profile picture di YM-nya hehehe.. =P
    Buat semua Pomparan Sitohang khususnya yg belum pernah berkunjung ke Kompleks TUGU SITOHANG di Urat, Samosir, saranku segeralah ke sana.
    Aku udh 2 kali ke sana, yg pertama bulan Juli 2005 ketika ada acara HUT TUGU SITOHANG, dan yg kedua bulan Januari 2006 ketika aca acara Penghijauan Kompleks Tugu Sitohang.
    Oleh Bapakku aku selalu diberikan tugas sbg fotografer.🙂
    Klo ke sana jgn takut ga ada tempat menginap.
    Ada sebuah hotel namanya HOTEL GORAT di daerah Mogang (klo tidak salah), jika dari arah Pangururan ada di sebelah kiri jalan raya dan lokasinya kira2 15 menit sebelum tiba di Urat.

    Sekali lagi, HORAS MA!

    Cheers,
    Roy Enrico Sitohang, ST.

  8. Memiliki monumen fisik seperti ini sangat membanggakan ya… Tetapi untuk bisa lebih memberdayakan sesama keturunan Sitohang, keluarga besar marga SITOHANg sebaiknya memiliki TUGU NAMANGOLU (tugu yang hidup) berupa badan usaha yang berorientasi sosial ekonomi dan suatainable.

    Horas,

  9. Saya pikir yang terpenting dari itu adalah tugu yang hidup (manusia), sama halnya spt gereja, gereja secara fisik memang perlu tetapi jauh lebih penting adalah gereja dalam arti tubuh Kristus yaitu kesatuan jemaat Allah, gereja secara fisik boleh hancur, tetapi Roh Kudus dalam diri orang-orang percaya akan tetap hidup.

    Terkait dengan hal tsb, adalah bagaimana kita membangun “tugu manusia” yang hidup, lihat saja di orang kita batak di samosir sana, tugu-tugu (tempat orang mati)begitu bagus tetapi kita lihat juga bagaimana tempat orang hidup (rumah) kadang tidak layak untuk dihuni.

    Jadi mari saudara saudaraku memandang dunia dan hidup ini dengan segala fakta/realitanya. Bagaiman membuat hidup lebih berkualitas di semua sisi (fisik, mental, sosial, spritual). Tidak usah muluk-muluk, mari kita lihat ke dalam keluarga2 kita masing2 sejauh mana kualitas komunikasi dan hubungan-hubungan dan juga kasih/holong yang terbina dan terpelihara dalam arti kasih dalam KRISTUS, jadi bukan kasih yang pamrih.

    Jadi apapun kesatuan dan hubungan di dalam kita harus dibangun di dalam dasar kasih KRISTUS.

    Syallom

  10. saya juga sudah pernah kunjungan ke tugu Sitohang, terima kasih buat pengagas tugu, inilah warisan yang tidak ternilai buat semua pomparan sitohang. Horas ma sude

  11. Sebagai orang batak apalagi boru Sitohang saya sangat bangga….
    dan seluruh Sitohang adalah orang-orang yang diberkati dan jadi berkat!!!! horas!!!

    1. iseng-iseng liat info tentang tugu ini dan sejarahnya ternyata ada dikau Pak Ketua hehehehheee…kok bisa???

      kalau aku mau ke Palipi jadi pemandu aku yaaaaa…awas lho jangan sombong harus jelaskan sedetail mungkin kan anak-mu sitohang jadi kamu harus terangkan padanya okeeehhhh ^____^

  12. terus tingkatkan tali persaudaraan diantara maraga sitohang,biar marga2 yang lain iri ama sitohang,jangan ada benci diantara kita pomparan ni marga sitohang
    peace…..

  13. horas……semoga dengan adanya tugu sitohang ini menjadikan smua pomparan ni sitohang smakin gigih kuat dan tangguh dlm menghadapi tantangan hidup ini.sitohang is the best

  14. alamak….
    20 tahun gw tinggal di medan.baru tau ada tugu SITOHANG yang keren.apalagi sekarang gw makin jauh.harus ada waktu utk melihat TUGU SITOHANG.jadi pengen kesana.
    HORAS……

  15. Nah inilagi yang membuat kebaggaanku SITOHANG. Kita sudah punya Tugu (monumen) sebagai tanda keturunan Sitohang. Kalau tidak salah Oppungku St. Calvin Sitohang (Alm) dari desa Baringin Kec Parlilitan ikut penggagas tugu ini dan tahun 1991 Alm. ikut peresmian tugu ini. Kalau ada waktu kita berkunjung kesana dan membersihkan sekitar tugu.Ok, mari kita lestarikan budaya dan marga kita.

  16. Gabe masiho au tu tugu ni Sitohang on dabo…
    hu ingot dope acara peresmian ni tugu ni Sitohang taon 1989, godang halak hita na ro..

    sai anggiat ma diramoti Tuhan i hita ate, boi hita barsiabing-abingan, marsitukkol-tukkolan tu joloanon..songon lagu ni halak batak i…

  17. Horasss …
    Sorry baru kali ini buka situs Sitohang, dan melihat tugo ompung kita ini cukup bagus dan rasanya pengen juga melihatnya, mau tanya untuk tahun ini ada agenda khusus ngak di urat ?, siapa tahu kita bisa ke sana sekaligus melihat tugo ompung kita ini.

    Mauliate.

    @Nelson Sitohang
    Parhobas akan mempublikasikan jika ada info kegiatan keluarga besar marga Sitohang di Samosir tahun ini.

    Tks atas kunjungannya.

  18. Saya yakin semua keturunan Sitohang adalah orang2 yang percaya Yesus. Ada hal yang menarik dengan “tugu”. Bagi sebagian umat Kristen ada yang tidak perduli dengan simbol2 sedemikian, apalagi mau ziarah karena menurut mereka itu adalah berhala. Tetapi mari kita buka pikiran yang jernih kita dan melihat ke belakang, tulang belulang Yusuf di bawa ke tanah Israel,(berarti sejak dulu sudah ada manghuar holi). Tugu hanyalah sebauh bangunan (parningotan) di hita angka pomparan bahwasannya kita tidak ada begitu saja, tetapi ada sejarah, ada garis keturunan yang jelas yakni dari Ompu Pangaribuan. Tugu bukan menjadi tempat keramat atau dikultuskan, dia hanya bangunan biasa tetapi bersejarah dan memberi pengertian kepada kita khususnya keturunan Sitohang. VIVA Sitohang, Suatu saat saya ingin kesana (tugu Sitohang). HoraS……

  19. wah, dilihat dari photonya saja sudah bagus, apalagi kalau dilihat secara langsung…
    Jadi kepingin berkunjung ke sana euy…

  20. bagus gambarnya, tapi saya baru pulang kekampung tugunya tidak terawat, klo saran dari saya harus ada yang mengurus supaya lebih baik,

  21. marga sitohang memang tak terlalau banyak populasinya,tapi sekali nampak pasti menjadi teladan,bangga jadi keturunan sitohang…

    @Wijoner Sitohang

    Sitohang menjadi teladan? apa betul?

    Parhobas

  22. nah ini dia..
    halak kita terkenal teguh dalam prinsip, coba lihat tugu SITOHANG, nampak kokoh, kuat, dan bersahaja, ntar deh klo waktunya tepat saya dan keluarga kesana, jayalah SITOHANG
    HORAS

    + Semoga harapannya mengunjungi tanah leluhur cepat terkabul. Horas

    Parhobas

  23. halo sodara semarga……salam kenal yaa,,saya stefie boru sitohang,,gede di bandung,,tapi bapakku asli palipi……saya kurang tau mengenai silsilah sitohang,,tapi saya bangga banget menjadi bagian dari sitohang…..mohon bantuannya untuk mengajari saya mengenai silsilah sitohang…makasih…

  24. GA ADA KATA-KATA YANG BISA AKU TULISKAN SELAIN “AKU BANGGA SANGAT BANGGA MENJADI SEORANG BERMARGA SITOHANG”.DAN MENGENAI TUGU ITU AKU SEMAKIN BANGGA.

  25. Wah … bgs bgt tugu sitohang…keren … Mudah2 an tugu nya berdiri seLamanya… GBU…

    Horas…

    Obbie Sitohang

    Regards//

  26. Wow,,,………………………….

    ternyata keren juga yah tugu SITOHANG, bapak aq Harlen Sitohang(alm) dlu prnah crita tntang pembangunan tugu itu, tp sayangnya aq blom prnah ksana smpai udah gede begini..
    tp aq janji deh.. kpan2 hrs ziarah kesana.

    t

  27. Sangat mengagumkan….!!!

    Semoga kita pomparan si Pitu Ama semakin teguh dan kokoh laksana tugu SITOHANG yang berdiri tegak ini. Tugu ini menjadi simbol identitas dan sekaligus simbol kesatuan kita yang sungguh mengagumkan….!!!

    Sukses untuk kita semua..

    Horas

    Heri Kiswanto Sitohang

  28. mohon kepd siapa saja yang mempunyai design tugu,kiranya sudi mengirimkannya ke Leo P Sitohang.dgn alamat:Jln bango 3 pondok labu-cilandak jakarta selatan.telpn 021-7691403,hp.081510163421(sms saja).
    Biayanya dibayarkan langsung atau via rek.bank(sertakan no rek).
    atas kesudiannya saya ucapkan banyak terimakasih

    Leo p sitohang (a.Toto)

  29. HORAS SITOHANG!

    1.TUGU SITOHANG (fisik) yg kita bangun merupakan implementasi kasih,menjadi alat instrospeksi diri pomparan SITOHANG selain kebanggaan bahwa kita satu karena mau bersatu,tentu oleh kasihNYA.

    2.TUGU NAMANGOLU sudah ada yang disahkan pada waktu musyawarah besar(MUBES) di Jakarta kalo tdk salah th 2005.mungkain sosialisasi tentang tugu namangolu ini dirasa masih kurang.kegiatannya yg telah dilaksanakan BEA SISWA terbatas.Tentang tugu namangolu dapat kiranya dibeberkan oleh pengurusnya via web ini.Kiranya dapat meyentuh hati anggota SITOHANG untuk berbagi dengan sesama agar SITOHANG semakin bangkit dan tidak bersemayam di HOTEL bintang 4(HO=hosom;T=teal;E=elat;L=late) mari kita tinggalkan hotel ini,tentu dengan cara mengasihi.Horas

  30. HORAS TU SUDE SITOHANG NA MANGOLU DPORTIBION…
    I PROUND BE “SITOHANG” CAYOOOOOOO
    Q DA PRNH LHT TUGU NTU…JDI MASIHOLLL LGI…

  31. …HORAS…
    walau saya bukan orang batak,tpi saya tertarik pada TUGU ini,dan ingin melihat langsung TUGU ini…

  32. Terima kasih atas informasi-informasi yang diberikan oleh para Admin-admin. Wawasan saya bertambah ttg SITOHANG. Nama lengkap saya Odhi F. Sitohang. Abang kandung saya Choky Sitohang (hahaha😀 Canda)

  33. maaf amang, inaang..
    masih adakah sekarang beasiswa tugu namangolu dari punguan sitohang?

    #mauliate?

  34. Horas , ,
    baru ini liat situs Tugu sitohang,
    keren jg rupanya Tugu pomparan op. Pangaribuan. klu ada waktu jalan2 jg ksana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s