TIME Sebut Video ‘Nazi’ Ahmad Dhani Sebagai Kampanye Politik Terburuk

time ahmad dhaniIkhwanul Khabibi – detikNews

Jakarta – Video kampanye yang dibuat oleh Ahmad Dhani untuk mendukung Prabowo Subianto menimbulkan polemik setelah sempat dibahas di media ternama Jerman, Der Spiegel. Bahkan, salah satu media ternama internasional, TIME, menganggap bahwa video yang dibuat Ahmad Dhani itu adalah alat kampanye politik terburuk yang pernah ada.

Seperti yang ditulis TIME pada Rabu (25/6/2014), disebut bahwa video yang dibuat Ahmad Dhani untuk kampanye Prabowo Subianto itu sangat kental dengan simbol Nazi. Saat menyanyikan lagu yang digubah dari lagu ‘We Will Rock You’ itu, ditampilkan Dhani yang mengenakan baju menyerupai seragam prajurit Nazi.

Di video itu Dhani juga memegang patung burung garuda, yang menjadi simbol negara Indonesia. Namun, masih menurut TIME, burung garuda emas yang dipegang saat Dhani tengah mengenakan baju militer hitam malah menjadi mirip dengan lambang burung elang kekaisaran Jerman yang menjadi ikonografi Nazi.

Media ternama itu juga mengutip komentar dari salah seorang pembuat film ternama, Daniel Ziv yang mengatakan “citra Nazi dimasukkan dalam politik Indonesia.”

Sebelumnya, dalam artikel yang diunggah spiegel.de, tertulis bahwa beberapa simbol yang dikenakan Ahmad Dhani dalam videonya mirip dengan emblem yang dikenakan petinggi tentara Nazi, Heinrich Himmler. Emblem yang terpasang di kerah baju dan lambang segitiga ungu yang berada di dada sangat mirip dengan emblem orang kepercayaan Hitler itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s