Jusuf Kalla Bangga Dengan Dukungan Yang Bersemangat Orang Batak di Jabodetabek

luhut panjaitan ulosi jk dan alwi shihab

Oleh: Turades Sitorus

Minggu, 08  Juni 2014, bisa dikatakan hari yang bersejarah, terutama bagi kami, kaum halak hita/halak Batak yang berdomisili di Jabodetabek. Bagaimana tidak, demi menghadiri dukungan kepada Capres dan Cawapres pilihan rakyat, kami rela meluangkan waktu untuk hadir dalam acara tersebut. Sekedar tambahan informasi, untuk kami, warga halak batak yang ada di Jabodetabek, waktu sangat berharga, akhir pekan digunakan hanya untuk acara keluarga inti, dan untuk mengumpulkan halak hita dalam jumlah ratusan di akhir pekan bukanlah pekerjaan yang mudah, bisa dikatakan hampir mustahil, namun yang penulis lihat, ada ribuan massa dengan gelora semangat yang luar biasa dalam acara ini.

turades dan jk saat orasiPenulis tiba di lokasi yang bertempat di Gedung Balai Rakyat yang beralamat di Jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta sekitar jam 13.00. Sedianya, acara berlangsung dimulai dari jam 16.00. Apa yang Penulis lihat dengan mata kepala sendiri sangat diluar dugaan, sudah hadir ratusan massa ditempat tersebut, menantikan kedatangan Capres dan Cawapres pilihan rakyat, Jokowi-JK!!!

Ada beberapa karung disamping gedung yang berisikan baju kampanye, dibagikan secara tertib, dan diterima oleh massa dengan sukacita, tanpa satupun yang penulis dengarkan keluhan tentang bahan ataupun lainnya, semua menerima dengan sukacita tanpa lupa menghaturkan ucapan terima kasih kepada penyedia baju tersebut. Sepanjang penantian menuju waktu dimulainya acara, tiada hentinya yel-yel yang gegap gempita dan tempik-sorak massa halak hita se-jabodetabek yang sangat menggelora, menantikan Capres-Cawapres kami.

Dalam gegap gempita itu, penulis sempat mendengar pembicaraan beberapa orang tua/sepuh yang berdialog dengan beberapa orang yang lebih muda darinya, dalam pembicaraan itu, sang opung berkata,” inilah bedanya kita dengan mereka disebelah, kita hadir disini tanpa bayaran sepeserpun, tanpa iming-iming apapun untuk mendukung pilihan kita, sedangkan disebelah, harus membayar banyak ormas sekian milyar/ormas, hanya untuk memamerkan kalau mereka juga punya massa”. Dalam hati penulis, tepat dan benar apa yang disampaikan si opung ini.

Setelah sekian lama hidup, ini adalah kali ketiga penulis ikut dalam sebuah kampanye. Pertama saat penulis masih di sekolah dasar, saat itu diajak alm. Ibunda terkasih ke kampanye partai pohon beringin karena beliau adalah seorang PNS. Kedua saat penulis menjadi anggota timses salah seorang caleg, dan ketiga adalah saat ini. Dan diantara ketiganya, baru kali inilah penulis sangat terkesima dengan antusiasme massa yang ikut dalam Deklarasi Dukungan kepada Capres-Cawapres Jokowi-JK.

Sekitar Jam 16.00 masuk sebuah mobil, dan saat itu yang tiba adalah Trimedya Panjaitan bersama Junivert Girsang, selang 5 menit, Jend. (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan pun tiba, dan dielu-elukan massa halak hita secara luar biasa.  Sekitar 16.25 WIB, Pak JK tiba bersama Pak Alwi Shihab. Tumpah ruah massa pendukung yang telah menantikan beliau, akhirnya memaksa Pak JK turun dari kendaraannya dan berjalan masuk kedalam gedung dengan kawalan BANSER.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh seluruh hadirin dengan penuh semangat dan dilanjutkan dengan lagu Bagimu Negeri sebagai pembukaan dalam acara dukungan ini. Sebagai pembicara pertama, adalah Pak Alwi Shihab, dalam orasinya, beliau mendoakan, pasangan Capres-Cawapres pilihan mayarakat halak hita ini dapat memenangkan hati seluruh mayarakat NKRI dan juga merangkul semua lapisan masyarakat NKRI tanpa memandang Suku, Ras, Agama maupun Golongan. Orasi kedua disampaikan oleh ketua halak batak se-jabodetabek yang menghimbau agar seluruh halak hita se-jabodetabek menyatukan suara untuk memilih Jokowi-JK dalam pilpres yang akan berlangsung pada 9 Juli 2014 nanti.

Dalam pidatonya, Jend. (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, sebagai orator ketiga menyampaikan permohonan maaf Pak Jokowi yang belum dapat hadir dikarenakan kondisi stamina yang kurang memungkinkan beliau untuk hadir, sebagai imbas latihan persiapan untuk debat Capres-Cawapres putaran pertama yang berlangsung pada hari Senin malam tanggal 9-juni-2014. Beliau juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat halak hita agar menyerukan seluruh keluarga halak hita yang berada di NKRI menyatukan suara untuk mendukung dan memilih Jokowi-JK sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2014-2019.

Dan sebagai orator penutup, Pak JK mengucapkan rasa haru dan terima kasih beliau kepada seluruh hadirin yang hadir, yang diluar perkiraan beliau, yang dengan sukarela dan penuh sukacita menghadiri acara yang berlangsung. Dalam orasinya, beliau juga menyampaikan, kalau hanya untuk menjadi presiden, Jokowi bisa saja merangkul dan menjanjikan kursi-kursi menteri kepada banyak ormas dan partai, namun, yang dilihat oleh Pak JK dari Jokowi adalah, keseriusan Jokowi untuk membenahi keadaan NKRI dan me-revolusi mental seluruh warga Negara NKRI menuju kearah yang jauh lebih baik. Beliau juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua pendukung pasangan ini, karna hampir semua biaya yang keluar dalam acara ini adalah swadaya dari para hadirin yang tidak lain adalah halak hita, yang sangat cermat dalam menggunakan dan mengelola keuangan. Pernyataan Pak JK ini disambut riuh oleh para hadirin yang hadir, dan teriakan yel-yel pun membahana dalam gelora tempik-sorak para hadirin.

HIDUP JOKOWI!!! HIDUP JUSUF KALLA!!! HIDUP NKRI!!! HIDUP HALAK BATAK!!! Tiada henti menggelora hampir disepanjang acara berlangsung, teriakan yang keluar dari dalam sanubari para hadirin yang menaruh harapan kepada pasangan Capres-Cawapres ini.
Diakhir acara, tari tortor pun mengiringi pemberian ulos kepada Pak JK dan Pak Alwi Shihab, sebagai tanda bahwa kami, halak hita se-jabodetabek, siap sedia, satu suara untuk menghantarkan pasangan Capres-Cawapres Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Ribuan massa menghantarkan keberangkatan mereka kembali ke parkiran kendaraan mereka dengan sukacita dan gegap gempita tempik-sorak yang membahana. Serasa bergetar gedung Balai Rakyat tersebut dengan yel-yel yang bergelora.

Semoga usaha dan kerja keras ini diridhoi oleh YANG MAHA KUASA dan semua pekerjaan sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang akan diemban nantinya, terlaksana dengan baik dan menghasilkan buah yang baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s