BISAKAH KITA BERHENTI BERPIKIR TENTANG JOKOWI….?

jokowi dan dua jari peaceOleh: Mijielnya Gieb

Pertanyaan ini selalu muncul, saat saya mendapati negeri yang permai ini seolah tak pernah sepi dari berita korupsi, birokrasi yang membuat sakit hati dan fatsoen pejabat negeri yang hilang empati. Sebenarnya, saya ingin bilang: iya, saya bisa, kenapa tidak. Sebagai seorang yang menyukai sepi, kadang saya ingin menghilang dalam lupa, bersumbunyi di sudut terjauh. Saya ingin memasang tirai, hibernasi dan mungkin bermimpi, dan tak mau berpikir lagi.

Tapi nyatanya: Jokowi selalu datang. Jokowi selalu mengetuk. Justru saat saya ingin lenyap dalam sepi.

Seperti hidup, negeri ini penuh dengan ketidakpastian. Asyiknya, ketidakpastian membuat saya selalu terjaga. Saat harapan (bahkan mimpi) semakin sulit, putus asa menjadi hal yang menakutkan. Saya tak bisa menghindar. Dari sebuah sosok, sebuah nama, sebuah harapan. Apa arti semua itu, bagi Anda dan saya? Apa arti sebuah harapan? Sebuah Jokowi?

Jokowi adalah sebuah ikhtiar yang kita tempuh bersama-sama, Anda dan saya. Sebuah kemungkinan yang menyingsing, sebuah pembaruan cita-cita yang digayuh generasi demi generasi, sebuah impian yang kita capai dengan tungkai kaki yang kadang capek dan kesadaran yang kadang tanpa fokus. Jokowi adalah sebuah ruang masa kini yang kita arungi, karena ada harapan untuk semua kita kelak.

Jokowi adalah kebanyakan dari kita. Yang lelah dengan diskriminasi. Jokowi adalah kumpulan identitas-identitas. Kita tak bisa menghapus identitas-identitas itu. Pun kita tak bisa menghalangi adanya identitas baru yang mewarnai Indonesia kemudian. Kini, sebuah generasi harus tumbuh dalam semangat pembaruan visi baru tentang Indonesia. Jokowi adalah mitra untuk ikhtiar itu.

Dalam pencarian kejayaan Indonesia yang tak menatap satu arah, Jokowi adalah sebuah mitra. Ia hadir dalam dialog, dalam pertukaran pengalaman, pertautan inspirasi, dan pembaruan visi tentang Indonesia.

Hasudunagn Rudy Yanto Sitohang, seorang penulis muda, tinggal di Medan.

Leave a Reply

