DEPRIWANTO SITOHANG RAIH SUARA SIGNIFIKAN DI DAIRI

Sidikalang, (Analisa). Kader muda di DPD Partai Golkar Kabupaten Dairi, Depriwanto Sitohang berhasil meraih suara signifikan dalam pemilu legislatif kemarin.

Capaiannya di daerah pemilihan (dapil) 1 meliputi Kecamatan Sidikalang Parbuluan, dan Sitinjo berada di posisi pertama, yakni 3641.
Figur dimaksud adalah penggondol terbanyak ke dua dari semua caleg sementara suara tertinggi dari seluruh kandidat lintas partai dan dapil digondol incumben Sabam Sibarani dengan angka di atas 5000 atau melebihi bilangan pembagi pemilu (BPP).
Namun, kesempatan itu tak membuatnya ambius menuju kursi Ketua DPRD. Dari berbagai perbincangan, hampir pasti, Golkar kembali mempertahankan kursi ketua DPRD dengan prestasi lebih baik, di kisaran 31,4 persen atau 11 dari 35 kursi tersedia.
“Saya wajib menghormati etika partai. Sebagai orang muda, sebaiknya mendukung sosok senior. Saya masih perlu belajar banyak” ujar dia di Sidikalang, (17/4).Diakui, dirinya punya cita-cita besar bahkan berobsesi melebihi sukses ayahanda KRA Johnny Sitohang Adinegoro Bupati Dairi. Siapapun, dia, cita-cita anak pasti ingin meningkatkan martabat keluarga. Tetapi, pada kondisi sekarang, ia memilih memperdalam seluk-beluk politik termasuk membangun komunikasi dan jaringan.

Ketua DPD partai Golkar, KRA Johnny Sitohang Adinegoro menegaskan, tidak akan memberi mandat kepada putranya sebagai pucuk pimpinan legislator di daerah otonom. Peluang terbuka lebar namun etika penting menjadi atensi.

“Jangankan pandangan warga, saya sendiri merasa tak pas kalau ayah seorang Bupati dan anak kandung jadi Ketua DPRD pada periode bersamaan” ujar Johnny yang akan dilantik Selasa (22/4) melanjutkan periode kedua 2014-2019.

Kepada siapa mandat bakal diberi? Masih butuh pembahasan internal, kata dia. Terpisah, beberapa anggota parpol berlambang pohon beringin itu berharap, sosok ketua idealnya mampu berinteraksi dengan eksekutif dan sesama dewan.

Dia tidak boleh egois atau hanya mengutamakan kepentingan parpol pengusung. Sebaiknya, punya pengalaman di birokrasi sehingga beban berat di eksekutif dapat dipahami. Kalau boleh, figurnya agak tua serta mampu merangkul semua anggota dewan yang terdiri dari multi partai. Kesalahan penghunjukan berpotensi blunder bagi penguasa.

Dari berbagai perkembangan data perolehan suara sementara, 1 kursi Wakil Ketua DPRD kemungkinan dimenangkan partai Hanura dengan perolehan terbanyak kedua, 5 kursi. 1 lagi kursi pimpinan diperebutkan Gerindra dan PDIP masing-masing 4 sampai 5 kursi. Bila suara PDIP kalah, kedudukan Benpa Hisar Nababan bakal diambil alih.

Sepertinya, posisi Ketua Delphi Masdiana Ujung dan Wakil Ketua Suparto Gultom (partai Demokrat) tak lagi lanjut. Keduanya berpotensi tereliminasi lantaran dulangan suara lebih sedikit.

Pembicaraan dengan seorang pejabat, anggota dewan berpenghasilan rata-rata Rp 12 juta per bulan. Unsur pimpinan, menerima lebih gemuk. Rencananya, pleno KPU terkait penetapan hasil digelar di Balai Budaya, Sabtu (19/4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s