Polling Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara Dengan 5 Pasangan Bakal Calon

Hingga batas akhir pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatera Utara berakhir tanggal 16 November 2012 terdapat 5 pasangan bakal calon yang memasukkan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara. Kelima pasangan calon bakal tersebut adalah:

1. Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi

Gatot saat ini adalah Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara. Dalam Pemilihan Kepala daerah tahun 2008 Gatot terpilih sebagai Wakil Gubernur berpasangan dengan Syamsul Arifin yang saat ini mendekam dalam penjara karena terjerat kasus korupsi APBD sewaktu menjabat sebagai Bupati Langkat. Sedangkan Tengku Erry adalah Bupati Serdang Bedagai. Pasangan ini didukung lima partai yaitu: PKS,HANURA dan PARTAI BINTANG REFORMASI yang keseluruhannya memiliki 17 kursi di DPRD Sumut.

2. Chairuman Harahap dan Fadly Nurzal

Chairuman Harahap saat ini adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar dan mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Fadly Nurzal adalah Ketua DPW PPP Sumatera Utara dan saat ini menjadi Ketua Fraksi PPP di DPRD Sumatera Utara. Pasangan ini didukung oleh dua partai di DPRD Sumatera Utara yakni: GOLKAR dan PPP yang keduanya memiliki 15 kursi.

3. Efendy Simbolon dan Jumiran Abdi

Ini adalah pasangan yang paling banyak mendapat sorotan karena muncul di saat-saat terakhir proses pencalonan dalam PDIP. Sebelumnya nama Efendy Simbolon tidak diperhitungkan akan ikut dalam pilkada Sumut karena tidak mengikuti proses fit and proper test kandidat yang diadakan PDIP. Sebelumnya RE Nainggolan diduga kuat akan memperoleh tiket pencalonan dari PDIP. Namun di saat-saat akhir, DPP PDIP memutuskan mencalonkan Efendy Simbolon sebagai calon Gubernur Sumut berpasangan dengan Jumiran Abdi.

Efendy Simbolon saat ini adalah anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dan salah satu Ketua DPP PDIP yang dipimpin mantan presiden RI Megawati Sukarnoputri. Jumiran Abdi saat ini adalah Wakil Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sumatera Utara dan mantan Ketua PUJAKESUMA organisasi paguyuban warga keturunan Jawa di Sumatera Utara. Pasangan ini didukung tiga partai yang memiliki 21 kursi di DPRD Sumatera Utara yakni: PDIP, PPRN dan PDS.

4. Pasangan Gus Irawan Pasaribu dan Sukirman

Pasangan ini idukung oleh 23 partai politik: Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Buruh, Partai Kedaulatan, Partai Merdeka, dan Partai Karya Perjuanga (PKP). Kemudian, Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Pelopor, Partai Indonesia Sejahtera (PIS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Matahari Bangsa (PMB), dan Partai Penegak Demorasi Indonesia (PPDI), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB), Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia (PPNUI), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBK), dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP). Penghitungan suara dukungan dari ke 23 parpol itu, pasangan ini meraih dukungan 1.294.224 suara atau 27,494 persen suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2009

Gus Irawan Pasaribu dikenal luas terutama saat menjabat sebagi Direktur Utama Bank Sumatera Utara. Sedangkan Sukirman saat ini adalah Wakil Bupati Serdang Bedagai.

5. Pasangan Amri Tambunan dan Rustam Efendy Nainggolan

amri-tambunan-dan-re-nainggolanIni adalah pasangan yang paling akhir mendaftar meskipun Partai Demokrat yang mengusungnya sebenarnya dapat dengan mudah mencalonkan sendiri kadernya karena memiliki 27 kursi di DPRD Sumatera Utara. Hal ini tidak terlepas dari tarik menarik yang terjadi di tubuh Partai Demokrat. Sebelumnya ramai diberitakan bahwa Ketua DPD Partai Demokrat Tengku Milwan sangat berminat untuk maju sebagai calon Gubernur. Di lain pihak, RE Nainggolan sendiri selama ini diperkirakan akan maju sebagai calon Gubernur melalui PDIP. Namun DPP Partai Demokrat memutuskan pasangan ini maju membawa bendera Partai Demokrat. Amri Tambunan saat ini adalah Bupati Deli Serdang periode kedua. Sedangkan RE Nainggolan adalah mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Bupati Tapanuli Utara.

Namun pada saat pencalonan, Tengku Milwan menyatakan mendukung sepenuhnya calon Partai Demokrat ini.

Polling Pilkada Sumatera Utara

Untuk memberi kesempatan kepada anda menunjukkan dukungan pada calon yang anda jagokan, blog SITOHANG mengadakan polling independen. Silahkan memilih salah satu dari kelima pasangan yang menurut anda paling layak memimpin Sumatera Utara periode 2013-2018 di daftar yang berada di sebelah kanan blog ini dan mengklik tanda “vote”. Setelah itu anda dapat segera melihat hasilnya.

Agar berlangsung obyektif, anda hanya diperkenankan memilih sekali dari satu IP address. Jika anda ingin memberikan dukungan lebih dari sekali, anda harus memilih dari IP address yang berbeda.

Selamat menggunakan hak demokrasi anda dalam Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara ini.

2 thoughts on “Polling Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara Dengan 5 Pasangan Bakal Calon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s