Dr. Bangun Sitohang Dicalonkan Untuk Maju Pilkada Sumatera Utara

Medan, (Analisa). Semua partai politik (Parpol) yang mempunyai kursi di DPRD Sumut mulai sibuk menentukan calon Gubsu – Wagubsu periode 2013 – 2018

Parpol yang tidak cukup kursi harus berkualisi untuk bisa mengusung calon. Kualisi harus mengumpulkan 15 persen daritotalsuara sah. Sedangkan Partai Demokrat saja yang kuotanya memenuhi syarat untuk mengusung calonnya sendiri.

Demikian analisis yang disampaikan,Ketua LSM Pilar Bangsa, Kornalius Tarigan kepada wartawan, Sabtu (3/11) di Medan. Dijelaskannya, dari spanduk, baliho yang terpajang di berbagai kawasan kabupaten/kota, semua bakal calon ingin menjadi orang nomor satu di Sumut.

Namun siapakah bakal calon orang nomor dua yang cocok dan pantas sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sumut dan siapakah pasangan yang paling ideal bisa bersinergi untuk memajukan Provinsi Sumut,dia melihat masih tanda tanya.

Tapi tokoh muda Sumut ini, menilai pasangan yang paling cocok dan ideal untuk memimpin dan memajukan Sumut 2013 – 2018 adalah seorang yang berjiwa enterpreneur, yang mempunyai jiwa wirausaha dengan birokrat ulung, yang dapat mengoptimalkan semua potensi yang ada di Sumut.

Kondisi Sumut

Potensi itu baik dari hulu ke hilir, dan memaksimalkan pembangunan dari desa , dan yang memahami dengan detail bagaimana sistem dan manajemen pemerintahan baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

“Kalau saya ditanya secara pribadi sosok yang pas itu. Gus Irawan Pasaribu. Berdasarkan elektabilitas, ketokohannya yang merakyat yang dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat mulai dari grass root hingga tokoh intelektual, track record, jenjang karirnya dan profesionalismenya,” ujarnya. Lebih lanjut dikatakannya, jika dilihat dari kondisi Sumut yang luasnya sekitar 73.000 km persegi, dimana secara morfologi khusus terbagi menjadi 5 wilayah, yakni daerah pantai timur, barat, daerah bukit barisan dengan jumlah penduduk lebih kurang 13 juta jiwa.

Maka yang perlu diprioritaskan, adalah pembangunan dari desa ke kota, prioritas utama yang segera dituntaskan adalah pertambangan daerah, pertanahan, buruh, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Dr Bangun Sitohang

Sedangkan untuk wakil gubernur yang siap dipasangkan dengan siapa saja calon gubsu, Kornalius menilai sebaiknya dari birokrat ulung yakni Dr Bangun Sitohang. Dia tokoh muda yang memiliki figur “Mental Berjuang” yakni Muda, Enerjik, Teladan, Berani, Jujur, Amanah dan Ngayomi.

Sosok Bangun Sitohang adalah tokoh pemuda dan pejabat Poldagri yang sudah mempunyai pengalaman luas dengan memberikan pelajaran politik kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, ormas dan LSM yang ada di seluruh Indonesia.

Dia juga putra daerah yang sangat paham dengan sistem dan manajemen pemerintahan dan yang tidak henti hentinya mensosialisasikan tentang peran pemerintah daerah terhadap pendidikan politik kepada aperatur negara di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Ditambahkannya, Dr Bangun Sitohang juga sering dipercaya mewakili Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri (twh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s