LCKI Akan Awasi Penggunaan Keuangan

Supardi Sitohang, SE

Menyikapi situasi dan kondisi nasional saat ini, semua mengetahui kalau kejahatan ada dimana-mana termasuk di dalam birokrasi pemerintahan. Tidak dinafikan, bahwa Kabu­paten Labuhanbatu termasuk salah satunya.

Demikian disampaikan Bu­pati Labuhanbatu Tigor Panu­sunan Siregar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Tata Praja  Karlos Siahaan pada pelantikan dan pengukuhan pengurus Lembaga Cegah Ke­jahatan Indonesia (LCKI) Labu­han­batu periode 2009-2013 di Rantauprapat, Selasa (20/12)

Kejahatan itu, kata Bupati, ha­rus dilawan dengan komitmen yang kuat. Terutama di­dorong oleh motivasi dan tu­juan yang suci. Yakni teruwujudnya masyarakat yang sejah­tera. “Untuk menciptakan si­tua­si ini bukanlah hal yang mu­dah. Melibatkan semua elemen masyarakat termasuk didalamnya LCKI,” ujarnya.

Di sisi lain, pembangunan sebagaimana yang diamanatkan UUD1945 sudah termasuk pen­cegahan kejahatan. Baik di dalam birokrasi pemerintahan mau­pun di tengah-tengah ma­sya­rakat. Dengan keberadaan LCKI merupakan salah satu sarana dan asset bagi Pemkab Labuhanbatu untuk memerangi, mengurangi dan mencegah ke­jahatan. Untuk itu, sangat di­apresiasi keberadaan Ormas LCKI Labuhanbatu yang bergerak dibidang pencegahan kejahatan.

Sementara itu, Ketua LCKI Su­mut Drs Parlindungan Siho­tang SE MSi dalam arahannya menjelaskan pada sifat dan fungsinya menekan bahwa LCKI sebagai mitra pemeriantah dan masyarakat. Termasuk dalam hal menerima masukan dan in­formasi dari masyarakat terkait adanya indikasi tindak criminal. Katanya, LCKI bersifat independent. Sedangkan Ketua LCKI Labuhanbatu Supardi Sitohang SE mengakui hal serupa.

LCKI Labuhanbatu  akan men­jalin kemitraan dengan ber­bagai kalangan, khususnya dengan pihak pemerintah dan masyarakat.

“LCKI juga akan melakukan dan menjalin kordinasi dengan pemerintah, penegak hukum dan elemen masyarakat untuk  bersama-sama melakukan upaya mencegah kejahatan,” jelasnya.

Supardi juga menambahkan, LCKI akan kerap mela­ku­kan sosialisasi dan upaya pen­cerdasan masyarakat di bi­dang hukum. Sehingga, nantinya mampu meminimalisir dan menekan jumlah angka kriminalitas ditengah masyarakat.

“LCKI juga berfungsi me­mantau, mengawasi dan men­cegah adanya indikasi potensi merugikan Negara,” bebernya.

Susunan Pengurus yang di­lantik  diantaranya, Ketua LCKI Labuhanbatu Supardi Sitohang SE, Sekretaris Basyarul Ulya Nasution SH dan Bendahara Masmulyadi SH serta dilengkapi berbagai bidang.

Acara itu juga dilakukan pemberian tali asih kepada seratusan fakir miskin yang disaksikan langsung oleh Kabid Pembinaan Hukum Poldasu Kombes Pol Drs John Hendri SH MH mewakili Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro dan Wakapolres Labuhanbatu Kom­pol Tetra Darmariawan SIK, serta dihadiri ratusan undangan lainnya.

(Dikutip dari http://www.jurnalmedan.co.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s