PEMKAB DAIRI-UGM JALIN KERJASAMA

Sidikalang, (Analisa)

Pemerintah Kabupaten Dairi menjalin kerjasama dengan UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta.

Substansi kegiatan difokuskan pada pengembangan teknologi pertanian, penyediaan energi berupa listrik, pengadaan air bersih, pendidikan dan peningkatan kapasitas aparatur guna mewujudkan good governance.

Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro dan Rektor UGM, Prof Ir Sudjarwadi MEng PhD menandatangani kesepakatan itu di kampus tersebut, baru-baru ini.

“Tenggang waktu kesepakatan berlaku selama empat tahun,” Kepala Bagian Humas Setda Dairi, Erika Hasugian, Senin (19/7).

Bupati menjelaskan potensi pertanian daerah otonom ini cukup besar.

Untuk itu, pengelolaannya mesti terintegrasi dan didesain secara matang.

Semisal, perlu ada sinergisme penyediaan lahan, pembagian bibit dengan penyediaan modal yang diikuti penjajakan pasar.

Dalam konteks agribisnis, pendampingan tenaga ahli amat relevan sehingga produksi maksimal dapat memberi keuntungan optimal.

Bila dibarengi tersedianya infrastruktur memadai, tentunya perekonomian warga khususnya mereka yang tinggal di pedesaan dapat terangkat.

Banyak hal yang dapat diaplikasikan langsung melalui instansi teknis di daerah. Dalam bidang pendidikan misalnya siswa bakal mendapat kemudahan untuk menembus gerbang perguruan tinggi ternama dimaksud. Ujian langsung di daerah juga direncanakan digelar. Dengan demikian efisiensi biaya dan waktu membantu pada kandidat mahasiswa.

“Sebagai kampus yang dikenal sebagai gudangnya kaum intelektual, sudah sewajarnya ilmu pengetahuan ditimba di sini” ujar Johnny.

Prof Ir Sudjarwadi MEng mengatakan pemerintah daerah dan stake holder tidak perlu khawatir bekerja sama dengan UGM. Menurutnya, alokasi dana melalui APBD bukan sesuatu yang substansial dibicarakan. Melalui kemitraan itu, sesungguhnya UGM ingin menawarkan solusi lebih sejuk termasuk mengajukan berbagai kerjasama kepada lembaga donor di dalam dan luar negeri.

Perusahaan multi nasional dan mitra UGM siap mencari dana demi mendukung pembangunan di Kabupaten Dairi. Sehubungan itu, pemerintah diharap mempersiapkan berbagai data pendukung, program dan proposal yang benar-benar prioritas bagi kepentingan rakyat.

Turut menyaksikan penandatanganan agenda dimaksud antara lain Ketua DPRD Delphi Masdiana Ujung SH MSi, Kepala Bappeda Drs John Mustafa Silalahi, Asisten Administrasi Pembangunan Ir Agus Bukka, Asisten Administrasi Pemerintahan Sebastianus Tinambunan SH. Dari manajemen UGM di antaranya Ketua LPPM UGM Prof. Dr.-Techn Ir Danang Parikesit MSc. (ssr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s