PIALA DUNIA 2010 FIFA AFRIKA SELATAN: JEPANG DAN KOREA SELATAN MENGANGKAT PAMOR SEPAKBOLA ASIA

Pamor sepak bola Asia akan meningkat setelah dua tim Asia yaitu Korea Selatan dan Jepang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia FIFA 2010 yang saat ini berlangsung di Afrika Selatan. Dalam pertandingan penyisihan grup E kemarin 24 Juni 2010 waktu setempat, Jepang menaklukkan Denmark dengan skor 3-1 dan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2010 menyusul Korea Selatan yang telah lebih dulu lolos dari grup B . Keberhasilan ini tercapai berkat kebersamaan tim.

Meski memiliki peringkat lebih rendah dibanding Denmark, tim “Samurai Biru” tampil lebih impresif dan menang dengan skor meyakinkan. Dua dari tiga gol itu diciptakan oleh Keisuke Honda dan Yasuhito Endo melalui bola mati. Meski tim “Dinamit” sempat memperkecil kekalahan lewat gol Jon Dahl Tomasson dari titik putih, Jepang semakin menghancurkan Nicklas Bendtner dan kawan-kawan lewat gol Shinji Okazaki saat pertandingan tersisa tiga menit. Dalam pertandingan itu pemain tengah Jepang Keisuke Honda terpilih menjadi pemain terbaik.

“Tim kami memiliki kekuatan dan itu yang tak dimiliki beberapa tim lain. Dua puluh tiga pemain dan seluruh staf menjadi satu kesatuan,” terang Pelatih Takeshi Okada.

“Kami menggunakan kekuatan kami dan tim sangat bekerja keras. Saya pikir para pemain mulai percaya diri, akan kemampuan fisik mereka, atas apa yang dapat mereka lakukan dan seberapa jauh mereka bisa melangkah,” jelas Okada.

Keberhasilan ini memang cukup membanggakan karena Jepang untuk pertama kali lolos ke perdelapan final Piala Dunia di mancanegara. Jepang pernah lolos dari fase grup pada 2002, tapi saat itu mereka berstatus tuan rumah.

Dalam pertandingan sebelumnya Jepang menundukkan Kamerun dengan skor 1-0 yang dihasilkan oleh gol Keisuke Honda. Namun saat bertemu dengan Belanda salah satu tim favorit juara Pila Dunia kali ini Jepang harus mengaku kalah dengan skor tipis 0-1.

2 thoughts on “PIALA DUNIA 2010 FIFA AFRIKA SELATAN: JEPANG DAN KOREA SELATAN MENGANGKAT PAMOR SEPAKBOLA ASIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s