GUNTUR SITOHANG DARI HARIAN BOHO SAMOSIR

Guntur Sitohang berbincang santai dengan Petrus Sitohang yang datang dari Pulau Bintan menemuinya di rumahnya di Harian Boho Samosir bulan April 2010 yang lalu.

Guntur Sitohang yang saat ini berusia 74 tahun, adalah maestro musik tradisional Batak Toba paripurna yang setia pada profesinya berasal dari Harian Boho Samosir Sumatera Utara.

Dia menguasai cara memainkan semua instrumen musik tradisional Batak Toba dan dapat menuliskan partiturnya dalam not Balok. Di samping itu dia juga mahir bermain dan melatih opera Batak maupun kesenian Batak Toba lainnya seperti manortor.
Totalitas dedikasi Guntur Sitohang pada musik tradisional Batak juga dibuktikan dengan keahliannya membuat semua jenis alat musik tradisional Batak mulai dari Sulim, Hasapi, Sarune, Taganing dan lain-lain. Hasil karyanya sudah banyak dikirim berbagai daerah di Indonesia bahkan ke luar negeri.

Guntur Sitohang adalah ayah dari musisi muda dan Sarjana Musik Batak yang berprestasi dan sedang menanjak karirnya yaitu Martogi Sitohang (lulusan USU), Hardoni Sitohang (lulusan UNIMED) dan Martahan Sitohang (USU).

Video ini saya buat saat berkunjung ke rumahnya pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2010 yang lalu. Dalam video ini dia sedang menunjukkan cara bermainan “Taganing” secara spontan di bengkel kerjanya di samping rumahnya Harian Boho Samosir.

Jika anda berminat mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah dan jenis-jenis musik tradisional Batak Toba atau ingin memesan instrumen musik Batak Toba, silahkan menjumpai bapak Guntur Sitohang di Upargodang Desa Harian Boho Kabupaten Samosir, tepat di tepian Danau Toba yang indah. Untuk menjumpainya anda bisa berhubungan dengan salah seorang anaknya Naldy Sitohang yang tinggal dan membantunya di Samosir:
telp. selular: 0813 97182030
email: ariando_sitohang@yahoo.com

Ditulis oleh:  Petrus M. Sitohang

One thought on “GUNTUR SITOHANG DARI HARIAN BOHO SAMOSIR

  1. hening sejenak untuk pahlawan nasional……bangkit pemkab samosir…..juga SITOHANG jangan ketinggalan horasssss…….(sitohang dari ujung kab batu bara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s