DUA DESA DI KECAMATAN SITIOTIO SAMOSIR DILANDA MUSIBAH BANJIR LUMPUR

1 Orang Tewas, 4 Hilang, Satu Rumah Hanyut dan Delapan Rusak Berat

Foto: BONA PASOGIT NAINGGOLAN

Dua desa di Kecamatan Sitio-tio terkena musibah banjir lumpur, yakni Desa Sabulan dan Desa Ransang Bosi, Kamis (29/04). Menurut dari pantauan Humas Setdakab. Samosir saat di lokasi kejadian (Desa Sabulan-red), diperoleh data satu rumah penduduk hanyut terbawa banjir yang dimana jumlah penghuni dalam rumah tersebut sebanyak sepuluh orang, namun pada saat kejadian banjir tersebut korban yang berada dalam rumah ada sebanyak enam orang, sedangkan keempat penghuni yang lain adalah ayahnya (Manalsal Situmorang) dan dua anaknya ( Marta Situmorang dan Julianto Situmorang) pada saat itu berdomisili di luar Samosir dan satu putranya (Juanda) berada di rumah keluarganya di desa tersebut sehingga terlepas dari bencana banjir lumpur.

Keenam korban yang terkena musibah, diantaranya Nai Marta br Tamba (istri dari Manalsal Situmorang) dan kelima anaknya. Pada saat pasca banjir tersebut warga berhasil menemukan dua korban jiwa dengan keadaan satu tewas, satu selamat dalam keadaan luka parah dan empat diantaranya belum ditemukan (masih dalam pencarian). Adapun nama-nama dari penghuni rumah tersebut adalah sebagai berikut ; Manalsal Situmorang (kepala keluarga pada saat kejadian sedang bekerja di Rantau Prapat), Nai Marta br Tamba (Istri dari manalsal yang sampai sekarang masih dalam pencarian pada saat banjir berada di rumah), martha Situmorang (anak Pertama berada di medan), Julianto Situmorang (anak Kedua berada di medan), Juanda situmorang (anak ketiga yang dimana pada saat banjir berada di rumah keluarganya di desa tersebut), Marsaulina (anak keempat korban banjir lumpur ditemukan tewas), Halastua (anak kelima juga korban dalam banjir lumpur tersebut ditemukan selamat tersangkut di akar pohon), Pegang Situmorang (anak keenam yang juga korban banjir masih dalam pencarian), Ismail Situmorang (anak ketujuh yang juga korban banjir masih dalam pencarian) dan Winda (anak Kedelapan juga menjadi korban banjir masih dalam pencarian).

Korban tewas saat banjir lumpur tersebut ditemukan terseret arus air Binanga (Sungai) Balohan kira-kira 250 m dari lokasi kejadian/tempat tinggal. Satu orang adik korban bernama Halastua Situmorang ditemukan selamat tersangkut di akar pohon. Sementara ibu korban Ny. Marta br. Tamba dan tiga anaknya korban hingga pagi hari (Jumat, pukul 19.00 Wib) belum ditemukan.

Letak Posisi rumah keluarga Manalsal Situmorang persis dipinggir dan membelakangi Binanga Balohan. Kondisi alur Binanga Balohan yang melintas persis di belakang rumahnya dengan letak sungai agak menikung.

Sedangkan menurut keterangan dari Penuturan Sinaga, Sekretaris Desa Sabulan, diperkirakan alur Binanga Balohan cukup deras dan tingginya volume air hujan yang turun cukup lebat sehingga mengikis material, batu-batuan dipinggiran sungai termasuk kayu sehingga menghalang di alur tikungan persis di belakang rumah Manalsal Situmorang. Tumpukan material yang menghalangi arus air mengakibatkan air sungai yang bercampur material menerjang dan menghanyutkan rumah Manalsal Situmorang beserta istri dan anak-anaknya. Sementara itu kondisi alur arus sungai tersebut telah berubah arah.

Camat Sitio-tio Mangihut Situmeang, S.Sos, saat di konfirmasi menerangkan, Banjir lumpur tersebut melanda di dua desa secara bersamaan Sementara di Desa Ransang Bosi setelah pasca banjir beliau juga mengatakan, Delapan rumah rusak berat/total akibat banjir yang datangnya tiba-tiba dan memakan korban mengalami luka-luka sebanyak tujuh orang dalam satu keluarga yang saat ini telah dirujuk ke RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan. (Humas)

dikutip dari berita website Pemkab Samosir

2 thoughts on “DUA DESA DI KECAMATAN SITIOTIO SAMOSIR DILANDA MUSIBAH BANJIR LUMPUR

  1. Turut Berduka Cita
    Atas terjadinya bencana alam
    Semoga Tuhan memberikan ketabahan serta kekuatan menghadapi musibah.
    Kiranya Tuhan yang s’lalu hadir untuk memberikan ketegaran bagi keluarga yang ditinggalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s