PESTA BONA TAON SIPITU AMA TANJUNGPINANG 2010

Pomparan Ni Ompu Tuan Situmorang Sipitu Ama Namarhaha Maranggi Manortor Liat-liat

Punguan Pomparan Ompu Tuan Situmorang Sipitu Ama adalah paguyuban sosial marga-marga Situmorang, Siringoringo, Rumapea dan Sitohang.

Sebutan Sipitua Ama, yang artinya tujuh bapak, merujuk pada tujuh orang cicit Ompu Tuan Situmorang yaitu Lumbanpande, Lumban Nahor, Suhut Ni Huta, Tuan Ringo, Dari Mangambat, Raja Itubungna, Ompu Bonanionan.

Keturunan tiga orang yang pertama hingga saat ini menggunakan marga Situmorang, sedangkan keturunan Tuan Ringo ada yang menggunakan marga Situmorang, ada yang menggunakan marga Siringoringo dan sebagian lainnya menggunakan marga Rumapea. Sedangkan keturunan tiga orang yang terakhir pada umumnya menggunakan marga Sitohang dan sebagian kecil tetap menggunakan marga Situmorang.

Keturunan Sipitu Ama diikat oleh pakta persaudaraan yang diikrarkan oleh ketujuh bapak tersebut dengan prinsip semua adalah bersaudara kandung sehingga keturunan mereka tidak boleh menikah satu dengan yang lainnya dengan ketentuan yang bagi melanggar akan binasalah hidupnya. Pelanggaran atas ikrar ini dipatrikan dengan pepatah:

Dengke ni Sabulan

Tu tonggina tu tabona

Ise siose padan

Tu ripurna tu magona

Ikrar dalam bahasa Batak disebut padan.  Dalam pandangan hidup orang Batak yang lama, padan (ikrar) lebih tinggi kedudukannya dari hukum yang berlaku.  Ini dinyatakan dalam pepatah Batak:

Tanggo uratni bulu

Tanggoan urat ni padang

Tanggo nidok ni uhum

Tanggoan nidok ni padan

Paguyuban ini biasanya mengadakan Pesta Bona Taon di awal tahun sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat dan pertolongan dalam kehidupan punguan dan anggotanya di tahun yang telah lewat seraya bersama-sama memanjatkan doa untuk memohon berkatNya bagi seluruh anggota punguan di tahun yang baru di masuki.

Penampilan penyanyi ciling Paldo Situmorang

Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Ompu Tuan Situmorang Sipitu Ama Boru dan Bere se Tanjungpinang Kijang dan Sekitarnya tahun 2010 diadakan pada hari Minggu, 14 Februari 2010 bertempat di Cafe milik kel. G. Situmorang/ br Sitepu  yang saat ini menjadi Ketua Punguan Sipitu Ama Tanjungpinang, di simpang Senggarang, Tanjungpinang.

Menerima Olop-olop Dari Boru dan Bere Sipitu Ama

Seperti pada perayaan pesta bona taon di tahun-tahun sebelumnya dan yang pada umumnya berlaku di Tanjungpinang pesta bona taon dimulai dengan acara kebaktian, kemudian makan bersama, penyampaian laporan pengurus kepada anggota termasuk laporan keuangan, penerimaan anggota baru punguan, kemudian dilanjutkan dengan acara lelang bersama untuk pengumpulan dana bagia kegiatan punguan, kemudian acara manortor dengan iringan musik serta lagu-lagu Batak dan diakhiri dengan acara bebas.Menerima hepeng tanda olop-olop ni Boru dan Bere

Dalam acara manortor, biasanya didahului dengan pihak pomparan ni Ompu Tuan Situmorang Sipitu Ama na marhaha maranggi dan kemudian dilanjutkan dengan tortor dari pihak par boru dan bere ni Sipitu Ama.

Pauk ni Situmorang

Pauk mangula juma

Molo burju diboan

Saur ma i matua


Pitu lombu jonggi

Parhalunghalung hotang

Piga soara luluan soara usoan

Lumbanpande ma pandapotan


Omputa martua Simundea

Naotik di jambar

Namonang di tahi

***


Penulis: Petrus M. Sitohang/ br. Purba (Amani Gloria)

Foto: Ronald F. Sitohang

2 thoughts on “PESTA BONA TAON SIPITU AMA TANJUNGPINANG 2010

  1. didia do tahe boi dapotnami contact person ni pengurus situmorang on??? alana hami panngaratto do tu tanjung pinang on alai dang dapot dope akka dongan sabutuha… molo boi paboa hamu majo melalui email di jungin@bahteradhiguna.com mauliate.

  2. mangido tolong majo tu hamu bolo boi contact person pengurus di tanjung pinang, asa boi hami mandaftar sebagai anggota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s