KONSER SEMALAM DI DANAU TOBA DALAM MUSIK LAGU TARI DAN PUISI AKAN DIADAKAN DI KEPULAUAN RIAU

Hardoni Sitohang

TANJUNGPINANG – Konser musik Batak neo tradisional yang dikemas dalam konsep “Semalam di Danau Toba ” segera digelar di Tanjungpinang 5 Mei mendatang.

Konser ini nantinya bakal menarik karena menggabungkan musik Batak tradisional dan modern. Juga ada tari dan puisi.

“ Rencananya konser akan dilaksanakan di GOR Kacapuri 5 Mei mendatang,” ujar Managing Direktor Anugerah Tour and Travel selaku Even Organizer (EO) acara, Lenni Br Purba kepada sejumlah wartawan di Hotel Comfort,Sabtu (6/2) malam.

Alasan dipilihnya tema Danau Toba dalam konser tersebut, kata Lenni, karena daerah tersebut memiliki panorama yang indah dan kaya akan budaya. 

“Even ini kami gelar tidak lain dan bukan adalah untuk menggalakkan pariwisata di seluruh Indonesia dan juga sebagai penambah budaya di Provinsi Kepri. Kami berharap dengan konser ini masyarakat Kepri bisa berkunjung ke Danau Toba yang sudah diakui oleh dunia Internasional sebagai tempat wisata terkenal,” kata Lenni.

Setelah konser di GOR Kacapuri selesai, konser musik Batak neo tradisional dilanjutkan di indoor soprt hall Tumenggung Abdul Jamal, Kota Batam 8 Mei mendatang.

Dalam kesempatan itu, salah seorang personel konser Batak neo tradisional Hardoni Sitohang menjelaskan, musik yang akan dibawakan dalam konser tersebut akan mengiringi lagu-lagu batak yang sudah lama tenggelam. Salah satu contoh berjudul “Si Unte Manis”.

“ Selain itu, kita juga akan membawakan beberapa puisi dan tarian Batak seperti Cawan  yang merupakan tarian khas dari dari Danau Toba yang menjadi simbol dari Batak Toba,” kata Hardoni.

Hardoni menyebutkan alat musik lain yang digunakan antara lain gondang bolon, gondang hasopi, musik tunggal diantaranya sordam, talatoit, saga-saga yang merupakan bukan alat tiup dan alat pukul, namun permaianan resonansi mulut yang mempunyai getaran dan mengeluarkan bunyi.

Hardoni Sitohang berpose bersama pemilik Anugerah Tour & Travel Petrus M. Sitohang dan Lenni Purba di kantor perusahaan tersebut di Tanjungpinang pada tanggal 6 Februari 2010.

“ Konser musik batak neo tradisional ini akan kami kemas dalam bentuk even semalam di Danau Toba, artinya dekorasi tempat akan ditata bernuansakan suasana seperti di Danau Toba. Kita berharap konser musik ini nantinya dapat membagun citra bangsa dengan menghargai budaya-budaya yang ada,” ungkap Hardoni.

Panitia acara Petrus M Sitohang menambahkan, konser musik batak neo tradisional ini bukan saja diperuntukkan bagi orang batak, namun semua masyarakat dengan beraneka budaya dan suku juga bisa menyaksikannya. (sm/rz)

Dikutip dari Harian Sijori Mandiri Batam

One thought on “KONSER SEMALAM DI DANAU TOBA DALAM MUSIK LAGU TARI DAN PUISI AKAN DIADAKAN DI KEPULAUAN RIAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s