PELAYANAN PLN SIBOLGA AMAT BURUK

Pelayanan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kota Sibolga dan sekitarnya dalam satu tahun terakhir ini amat buruk. Pemadaman dalam satu hari bisa terjadi 3 hingga 10 kali.

Akibat buruknya pelayanan PT PLN Cabang Sibolga terhadap pelanggannya, sejumlah warga Sibolga dikoordinir oleh Forum Rembuk Sibolga Nauli (Forsi) mengancam akan menggelar aksi demo besar-besaran.

“Selama ini, kami sudah lama bersabar dengan pemadaman listrik secara sepihak. Kami pikir pelayanan PLN dapat diperbaiki, kenyataannya kian hari bertambah buruk,”ungkap Dewan Presidium Forsi  Sibolga, Herbert Roberto Sitohang kepada Global di Sibolga, Selasa (20/10).

Buktinya, warga bersama Forsi telah melayangkan surat pemberitahuan unjuk rasa damai ke pihak Kepolisian Resort Kota Sibolga dengan nomor surat 021/FORSI/X/2009. Bahkan aksi itu akan diikuti 1500 massa dan rencananya digelar, Kamis (22/10) mendatang, sekira pukul 10.00 WIB di depan Kantor PLN Cabang Sibolga.

Menurut Herbert, buruknya pelayanan PLN tersebut antara lain karena pemadaman listrik sering terjadi, padahal untuk daerah Sibolga – Tapteng terdapat beberapa pembangkit tenaga listrik yang seharusnya mampu untuk mensuplay listrik di Sibolga, khususnya di PLTD tersebut.

“Apa gunanya ada perusahaan listrik di sini, kalau skala prioritas untuk daerah ini tidak ada. Padahal, kebutuhan listrik di daerah ini sangat kecil dibanding sejumlah kota di Sumatera Utara (Sumut) dan propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD),” ketusnya seraya menambahkan pemadaman Listrik di Kota Sibolga dan sekitarnya dalam satu hari bisa terjadi 3 hingga 10 kali pemadaman.

Masyarakat Kota Sibolga, lanjutnya, sudah bosan dengan pelayanan PLN yang setiap hari semakin memburuk dan belum ada perubahan. Ironisnya, selain peralatan rumah tangga mengalami kerusakan, tagihan rekening listrik pun ikut melonjak tajam akibat seringnya lampu PLN hidup dan mati secara tiba-tiba.

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

Dikutip dari Harian GLOBAL on line 21 Oktober 2009

One thought on “PELAYANAN PLN SIBOLGA AMAT BURUK

  1. dalam hal aksi demo tersebut saya menyetujui sebagai mahasiswa. karena pada dasarnya aparat pemerintah khususnya PLN, kalau tidak ada intervensi dari masyarakat kurang srius dalam menangani masalah. selalu menganggap masalah itu adalah ringan. kenyataanya selalu lambat sehingga menimbulkan banyak kerusakan.
    ironisnya para yg terkait dalam hal ini suka mengatakan “akan cepat selesai” namun itulah ranahnya hukum administrasi.
    sehingga dengan hal2 seperti itu pemimpin PLN kalau tidak bisa ddDIGANTI saja. karena smua tata cara kerja dan penanganan tergantung terhadap “leader”. by:bovit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s