SERI TEKNIK MENULIS: TENTANG TEMPAT

Oleh: Petrus M. Sitohang

Tulisan ini ditujukan bagi mereka yang belum berpengalaman menulis atau penulis pemula yang ingin menambah wawasan tentang teknik menulis mengenai tempat.

Pada dasarnya tulisan tentang tempat (desa, kota, danau atau pulau tertentu) mempunyai tujuan atau beberapa tujuan seperti  berikut ini:

1. Memperkenalkan atau mengenang kampung halaman;

2. Catatan atas perjalanan yang mengesankan;

3. Mempromosikan tempat tersebut sebagai tujuan wisata;

4. Memperkenalkan hal-hal baik dari tempat tersebut;

5. Meminta perhatian atau bantuan dari pemerintah atau pihak lain (saat terjadi bencana dan lain lain);

Salah satu teknik sederhana bagaimana membuat tulisan mengenai tempat yang baik. Tentu saja ada banyak  cara lainnya yang dapat anda coba.

I. Bagian Pembukaan

Biasanya dimulai dengan sesutu yang menarik, istimewa, terkenal atau diketahui banyak orang tentang tempat tersebut seperti:

  • Bisa berupa peristiwa penting masa lalu yang terjadi di tempat itu atau kejadian bersejarah;
  • Bisa berupa orang penting yang lahir di tempat itu;
  • Bisa berupa hal penting yang sekarang ada atau terjadi di tempat tersebut atau apa bangunan atau organisasi apa yang berlokasi di tempat tersebut;

Bagian ini bisa hanya berupa satu paragraf tetapi bisa juga menjadi beberapa paragraf. Yang penting adalah bagian ini sifatnya merangsang orang untuk mengenal tempat ini atau paling tidak dapat menjelaskan kenapa kita membawa tempat ini ke alam pemikiran pembaca.

Perasaan si penulis tentang tempat yang diceritakan biasanya akan sangat berpengaruh mewarnai tulisan.

II. Bagian Isi atau Uraian

Pada bagian ini kita perlu menjelaskan lokasi tempat tesebut dalam konteks geografi dan administrasi pemerintahan (nama Desa, Kecamatan, Kabupaten, Kota, Propinsi) dan jaraknya dari kota terdekat.

Iklim daerah itu, keadaan topografi umum daerah tersebut (dataran rendah, bergunung- gunung, wilayah pesisir) dan jenis flora dan fauna yang banyak dijumpai di daerah tersebut.

Selanjutnya kelompok (suku, bahasa dan agama) penduduk yang umumnya mendiami daerah itu sejak turun temurun dan yang saat ini mendiami tempat tersebut. Jika spase medianya memungkinkan, baik juga diceritakan mengenai adat-istiadat yang umum berlaku di tempat itu, termasuk hal-hal yang dianggap baik dan ucapan atau perbuatan yang dianggap tabu di tempat tersebut.

Mata pencaharian utama penduduk seperti bertani, berkebun, beternak, berdagang, kerajinan, industri dan lain-lain juga perlu dituliskan.

Pada bagian ini juga perlu disebutkan perkiraan jumlah penduduk berdasarkan data statistik terakhir.

Tak kalah pentingya adalah juga menuliskan kebiasaan penduduk yang menarik minat banyak orang seperti acara tahunan baik berupa pesta atau perlombaan yang berlangsung di tempat itu.

Bagian ini sebaiknya dibuat lebih informatif dan objektif, bukan bersifat pendapat pribadi seperti pada bagian pembukaan.

Bagian seharusnya lebih banyak dan bisa beberapa paragraf.

III. Bagian Penutup

Bagian ini hendaknya digunakan untuk meninggalkan kesan yang dalam dan positif tentang tempat itu dan supaya orang tertarik datang ke tempat tersebut.

Pada bagian ini berikan juga panduan untuk menuju tempat tersebut yang akan lebih menarik jika disertai dengan peta termasuk rute perjalanan, pilihan moda transportasi dan biaya perjalanan, tempat penginapan dan tempat makan yang murah dengan pelayanan yang baik.

Menulis tentang tempat sebaiknya disertai dengan gambar terbaik tentang tempat itu dan bagian penting atau orang-orang penting di tempat tersebut.

Selamat menulis tentang kampung halaman atau kota asal atau tempat yang anda kunjungi. Silahkan kirim ke blog Sitohang dengan alamat parhobas@sitohang.org untuk dimuat.

Dengan menulis kampung halaman dan kota Anda, Anda telah turut berpartisipasi mempromosikannya menjadi kota tujuan perjalanan atau wisata orang lain.

Selamat mencoba…

PS: Berikut adalah link ke salah satu tulisan mengenai sebauh tempat bersejarah di tepi Danau Toba bernama Bakkara: http://protapanuli.wordpress.com/2008/07/19/bakkara/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s