SIMA CENTER DIDEKLARASIKAN DI JAKARTA

Pomparan (keturunan) Ompu Tuan Situmorang yang juga dikenal dengan Pomparan ni Sipitu Ama mendeklarasikan berdirinya SIMA CENTER pada tanggal 22 Agustus 2009 bertempat di hotel Bumikarsa Jakarta. Lembaga baru ini diketuai oleh Manahan Situmorang yang selama dua puluh tahun terakhir lebih banyak dikenal publik melalui kiprahnya dalam dunia tinju profesional nasional.

Hadir dalam acara deklarasi tersebut adalah para pemuka keluarga besar kumpulan marga-marga SITUMORANG, SIRINGO-RINGO dan SITOHANG termasuk Dirjen PUOD Depdagri DR. Sojuangon Situmorang, penyair terkenal Sitor Situmorang dengan isterinya yang berkebangsaan Belanda Barbara Brouwer br. Purba dan penyanyi Batak terkenal Bunthora Situmorang dan musisi muda Batak yang sedang naik daun Martogi Sitohang.

Marga-marga Sipitua Ama telah banyak melahirkan putera puterinya yang menghiasi lembaran emas dalam karya-karya seni budaya, kemasyarakatan maupun kiprahnya dalam pentas politik nasional.

Sitor Situmorang adalah salah seorang sasterawan dan penyair terkemuka Indonesia yang karya-karyanya sangat dikagumi dan mendapat pujian dalam banyak resensi sastera dari berbagai negara. Hingga saat ini di usianya yang sudah memasuki angka 9oan, dia masih tetap aktif berkarya.

Pada periode 40-60an, dunia musik Batak dihiasi oleh karya-karya besar musisi Nahum Situmorang yang masih tetap abadi hingga saat ini. Opera Batak yang pada dekade 60 hingga awal 80an juga mengenal Mangumbang Sitohang dan Dari Uhum Sitohang dan puterinya Rosmala Sitohang. Kepemimpinan di bidang seni budaya Batak itu saat ini juga diteruskan oleh Bunthora Situmorang.

Di bidang pendidikan kita mengenal Dr. Ir. Benhard Sitohang, yang merupakan generasi pertama Insinyur komputer Indonesia dan yang menjadi perintis pendidikan teknik komputer di Institut Teknologi Bandung.

Di bidang pemerintahan marga-marga Sipitu Ama juga melahirkan banyak pejabat-pejabat tinggi hingga tingkat Gubernur yaitu Dr. Sojuangon Situmorang, yang pernah menjabat Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Papua Barat, maupun Sekretaris Jenderal Departemen Sosial Gazhali Yunus Situmorang.  Selain itu Bupati Dairi saat ini adalah Johnny Sitohang yang memenangi pemilihan umum kepala daerah secara langsung di Dairi yang pertama tahun lalu.

Di bidang keagamaan antara lain dapat disebut Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM Cap.  yang saat ini adalah Uskup Padang dan juga menjabat sebagai Ketua Presidium Konferendi Waligereja Indonesia.

Di bidang profesi hukum kita juga mengenal nama-nama yang cukup berperan antara lain pengacara Palmer Situmorang, Suhunan Situmorang dan Perry Cornelius Sitohang yang saat ini merupakan pemimpin atau salah seorang partner di firma-firma hukum terkenal di Jakarta dan telah menangani banyak kasus-kasus hukum penting dengan berhasil.

Di bidang kepemudaan nasional kita juga mengenal M.T. Natalis Situmorang, Ketua Umum Pengurus Pemuda Katolik dan juga salah seorang Ketua DPP KNPI. Dalam Kongres Pemuda Katolik di Manadi baru-baru ini Natalis Situmorang terpilih kembali menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik untuk periode tiga tahun yang kedua (2009-2012).

Pribadi-pribadi tersebut di atas hanyalah sebagian kecil dari putera-puteri terbaik marga-marga Sipitua Ama yang telah menelurkan banyak karya-karya penting di masyarakat Batak dan juga bagi kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Dengan menyebut itu, kita harapkan SIMA CENTER akan dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi kemajuan sumber daya manusia pomparang ni Ompu Tuan Situmorang Sipitua Ama di masa mendatang.

Dengan tulus Tim Parhobas Blog SITOHANG mengucapkan selamat berkiprah bagi segenap pengurus SIMA CENTER.

(CK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s