POMPARAN SIPITU AMA BERKUMPUL DI URAT SAMOSIR BAGI PENCALONAN DR. IR. BINSAR SITUMORANG SEBAGAI BUPATI SAMOSIR

Ribuan keturunan Sipitu Ama Situmorang mengikuti acara ‘pa dos tahi’ sekaligus ziarah akbar ke makam leluhur Situmorang di Urat Samosir, Sabtu (15/8). Pada kesempatan itu mereka juga mendoakan sekaligus menyatakan dukungan agar Dr. Ir Binsar Situmorang, MSi. MAP. bisa maju sebagai salah satu calon Bupati Samosir.

Rangkaian acara dimulai dengan ziarah oleh ‘pomparan’ Sipitu Ama ke makam leluhur Situmorang. Dengan mengelilingi sebuah pohon yang diyakini ditanam lebih dari 500 tahun lalu oleh leluhur mereka, para utusan perwakilan maupun tokoh, melakukan ikrar untuk tetap bersatu dalam berbagai hal. Sebagai catatan, pohon itu dinamakan ‘jabi jabi sisangapan’, yaitu pohon dari jenis ‘jabi jabi’ yang bentuknya sepintas mirip dengan pohon beringin.

Usai ziarah, diadakan kebaktian singkat di sebuah gereja yang lokasinya tidak jauh dari makam. Menurut salah seorang pengurus Sipitu Ama Dr. Ronald Sitohang, kebaktian ini merupakan puncak kegiatan, sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa atas semua anugerah yang telah diberikan selama ini. “Apa pun yang kita harapkan, tanpa berkat dari Tuhan, tidak akan pernah kita dapatkan,” katanya.

Selanjutnya acara ‘pa dos tahi’ yang berlangsung meriah, bertempat di salah satu lapangan terbuka. Terlihat ribuan keturunan Si Pitu Ama memenuhi lokasi kegiatan dan dengan antusias mengikuti acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari tersebut. Mereka berasal dari berbagai pelosok di Kabupaten Samosir, berbaur dengan yang datang dari kabupaten lain, termasuk perantau dari Medan, Jakarta, dan lainnya.

Acara itu sendiri berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dihadiri tujuh ‘pomparan Si Pitu Ama’ antara lain, Situmorang Lumbanpande,  Situmorang Lumbannahor,  Situmorang Suhutnihuta, Tuan Ringo,  Dori Mangambat Sitohang Uruk,  Rajaitubungna Sitohang Tongatonga, dan Ompu Bona Ni Onan Sitohang Toruan.

Dipandu salah seorang panitia kegiatan Ir. Urat Sitohang dan dimeriahkan penampilan Dr Bunthora Situmorang dan Nai Malvinas, dalam acara itu tampak hadir juga tokoh-tokoh Situmorang, di antaranya Ketua DPP Si Pitu Ama DU Sitohang, Ketua Umum SIMA Center Manahan Situmorang, salah satu sesepuh Ir SH Situmorang (orangtua Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP), yang sekaligus berkesempatan merayakan ulang tahunnya pada hari itu.

Pertemuan akbar itu pun dirasa mengejutkan dan menimbulkan rasa kegembiraan dan kebersamaan di kalangan ‘pomparan Si Pitu Ama. “Jarang-jarang bisa kumpul lengkap semua perwakilan ‘pomparan Si Pitu Ama’. Ini sebuah kejutan besar dan sangat menggembirakan. Sepertinya ada sebuah kekuatan yang menjadikan ini terlaksana,” kata Bhuntora Situmorang.

“Makan bersama kali ini terasa sangat berkesan, karena kita bisa bersama-sama dengan Keluarga Besar Si Pitu Ama yang berasal dari berbagai daerah. Saya yakin, apa yang diharapkan dengan adanya acara besar ini, akan bisa terlaksana,” timpal seorang ibu Boru Situmorang yang mengaku bersuamikan Marga Sitanggang.

Pada kesempatan itu, utusan Bupati Dairi KRA Jhonny Sitohang juga berbagi pengalaman, terkait apa yang mereka laksanakan seputar Pilkada Dairi yang baru lalu. Mereka menekankan, tidak cukup hanya mendoakan dan mendukung, tapi juga bertindak nyata di lapangan.(r9)

(DIKUTIP DARI HARIAN SINAR INDONESIA BARU MEDAN edisi Sabtu, 22 Agustus 2009)

3 thoughts on “POMPARAN SIPITU AMA BERKUMPUL DI URAT SAMOSIR BAGI PENCALONAN DR. IR. BINSAR SITUMORANG SEBAGAI BUPATI SAMOSIR

  1. Acara ” Ziarah dan Pa Dos Tahi POMPARAN Situmorang SIPITU AMA DI URAT SAMOSIR bukan hanya sekedar BAGI PENCALONAN DR. IR. BINSAR SITUMORANG SEBAGAI BUPATI SAMOSIR tetapi yang lebih istimewa adalah bagaimana pomparan Si Pitu Ama’ Yakni : Situmorang Lumbanpande, Situmorang Lumbannahor, Situmorang Suhutnihuta, Tuan Ringo, Dori Mangambat Sitohang Uruk, Rajaitubungna Sitohang Tongatonga, dan Ompu Bona Ni Onan Sitohang Toruan terutama yang ada di Bona Pasogit mengungkapkan niat bersatu dengan ikrar bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s