PROF. DR. R.S. PARHUSIP PRIHATINKAN PENYAKIT TBC DAN ASMA MENINGKAT DI SAMOSIR

Medan (SIB)

rs-parhusipDokter sohor Prof dr RS Parhusip prihatin karena penyakit menular seperti TBC dan asma meningkat di mayarakat Samosir. Peningkatan penyakit itu, ujar dokter yang sudah keliling dunia menimba ilmu itu, indikasi tingkat kesejahteraan masyarakat masih belum seperti yang diharapkan. “Saya sedih, sejak saya kecil dulu, warga di Samosir itu makannya nasi dan gulamo. Sampai sekarang, setelah Indonesia merdeka lebih enam puluh tahun, masih saja menunya ikan asin yang kadar gizi dan kalorinya masih kurang,” ujar Prof RS Parhusip di Medan, Selasa (21/7).

Atas kondisi itu, Prof RS Parhusip mengajak semua pihak yang mengaku warga Samosir untuk memberi perhatian serius pada warga di wilayah tersebut. “Bukan berarti harus memberi bantuan materi, tapi memberi perhatian dan sumbang saran agar keluarga kita di Samosir lebih cepat terentaskan dari kemiskinan dan kemelaran,” tandas Prof RS Parhusip.

Prof RS Parhusip mengatakan, pihaknya tanpa harus mempublikasikan, secara rutin mengadakan mengobatan gratis di Samosir tapi dalam setiap kegiatna sosial, yang ditemukan adalah kuantitas dan kualitas penyakit masyarakat yang makin beragam.

Berbicara di Medan, didampingi sejumlah tokoh asal Samosir yang sukses di rantau seperti Ketua Situmorang Sipitu Ama se-Indonesia dan se-Dunia Daulat U. Sitohang,  Ketua Umum Situmorang Sipitu Ama (SIMA) Center Manahan Situmorang SE MM, Prof dr RS Parhusip, HM Syukur Situmorang, Tumpak Situmorang, Laham Situmorang, JM Siringoringo, Agustam Situmorang, WD Situmorang dan Jumian Situmorang.

Prof RS Parhusip menegaskan, selain upaya mengentaskan dari kondisi fisik yang belum baik juga hendaknya kaum perantau yang sukses berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas mental warga di Samosir.

“Mental sebagian besar warga Indoensia kan masih seperti menerima kemiskinan dari segala sisi. Selain itu, mental kejujuran juga jadi barang langka,” tandas Prof RS Parhusip yang punya jadwal tetap melakukan pengobatan massal gratis bagi warga Samosir.

“Awal pekan depan saya ke Samosir lagi. Mau ikut?” (r10/l)

Dikutip dari Harian SIB Medan edisi 23 Juli 2009

One thought on “PROF. DR. R.S. PARHUSIP PRIHATINKAN PENYAKIT TBC DAN ASMA MENINGKAT DI SAMOSIR

  1. Sesungguhnya memang akan makin terpuruk, kenapa?, Saya melihat dari tahun ke tahun di Samosir semakin hari semakin miskin. Miskin materi, miskin pengetahuan, miskin tindakan, miskin mental yg baik termasuk kejujuran, miskin kesehatan (sakit-sakitan) termasuk miskin gizi.

    Tidak cukup hanya perhatian dan sumbang saran, kenapa? Karena saya melihat di gereja-gereja pun kalau pandita atau pastor kothbah selalu memberikan saran-saran dan masukan. Tetapi tetap tidak ada perubahan.

    Yang dibutuhkan adalah perubahan dari keluarga, misalnya si anak diajari untuk hidup benar. Misalnya saja menghargai waktu, menjadi peribadi yang mengasihi, menghargai orang lain, tidak mental pengemis, pekerja keras, orangtua yang mengasihi anak-anaknya dan mampu mengarahkan dengan baik, disiplin. Saya pikir dari sana dasarnya. Pembentukan pada basis keluarga.

    Misalnya saja ada orang-orang batak yg sudah sukses di perantauan, berapa banyak yang membantu kampung halamannya, tetapi tidak ada yang diperbuatnya di kampung halamannya. Sehingga orang pun membuang muka kalau melihatnya pulang kampung.

    Jadi semua perbaikan di sisi kehidupan lain harus berangkat dari perbaikan dari dalam.

    Maka mari kita menjadi pribadi yg baik bagi sesama dan yang berusaha membuat orang lain menjadi lebih baik dan mulia, Mulailah dari diri sendiri dan keluarga anda.

    Salam,

    Gregor.

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Parhobas akan sangat menghargai kalau anda bisa menuliskan identitas lengkap. Parhobas juga akan mengundang anda untuk menyumbangkan tulisan untuk dipublis di blog ini. Tema bisa apa saja yang menyangkut komunitas Sitohang dan masalah-masalah pengembangan sumberdaya manusia pada umumnya.

    Horas.

    Parhobas Blog SITOHANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s