TOUR D TOBA 2009

Mengarungi danau menembus angin mengusung harapan...
Mengarungi danau, menembus angin, mengusung harapan...

Berawal dari perbincangan terjadi diantara komunitas Plural Sumut, diantaranya; para pegiat budaya, pekerja seni, jurnalis, budayawan, pegiat wisata dan pekerja kemusiaan dan lingkungan khususnya tentang kemerosotan kondisi ekologi Danau Toba yang terjadi. Sering dengan itu kita juga menyaksikan pariwisata Danau Toba yang sempat menjadi salah satu unggulan industri pariwisata Indonesia setelah Bali semakin merosot. Muncul rasa ingin tahu diantara anggota komunitas tentang apa sebenarnya yang terjadi saat ini di sekitar kawasan tersebut.

Lalu Komunitas Plural tersebut mengorganisir dirinya untuk melakukan perjalanan keliling Danau Toba dan Pulau Samosir serta kawasan-kawasan di sekitarnya untuk melihat secara langsung dari dekat. Maka tercetuslah gagasan untuk melakukan Tour D Toba. Kemudian gagasan itu di follow-up menjadi sebuah event bernama : Tour D Toba 2008. Tour D Toba 2008 yang sepenuhnya di organisir oleh Earth Society terlaksana pada pertengahan 2008 dan diikuti oleh 27 orang.

Sejak tahun lalu, perbincangan telah terjadi ke berbagai kota di Indonesia dengan pesat antara lain melalui media jejaring sosial di internet Facebook. Dengan bantuan jaringan Facebook, saat ini telah terbentuk berbagai kelompok pecinta Danau Toba seperti Save Lake Toba Community yang berbasis di Jakarta, Forum Peduli Danau Toba yang berbasis di Pangururan, Toba Dream Conservation Project yang berbasis di Jakarta, Taman Eden di Tobasa dan lain-lain.

Melalui berbagai jaringan yang dimiliki oleh komunitas plural tersebut kepedulian pada Danau Toba digalang dengan berbagai bentuk. Semua dilakukan secara sadar oleh masing-masing kelompok untuk meluaskan gagasan serta membangun jejaring dalam rangka membangun semangat untuk mencintai Danau Toba. Untuk tahun 2009 ini, jejaring dari Kepulauan Riau – bekerjasama dengan Earth Sociey Medan merencanakan melakukan perjalanan keliling bersama yang diberi nama: Tour D Toba 2009.

Tour D Toba 2009 digagas secara bersama-sama oleh Petrus M. Sitohang seorang eksekutif muda keturunan Batak yang telah lama berkecimpung dalam industri pariwisata di Pulau Bintan Kepulauan Riau, Frizt B. Panggabean seorang profesional muda lainnya dari Jakarta yang aktif dalam kelompok Save Lake Toba Community dan dua aktivis Earth Society Medan yaitu Dr. Jhon Robert Simanjuntak Sp. OG dan Miduk Hutabarat seorang Aktivis, Arsitek & Pegiat Budaya.

Menurut rencana Tour D Toba 2009 akan diselenggarakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berangkat tanggal 15 s.d. 18 Juli 2009. Gelombang kedua akan diadakan pada bulan Agustus bersamaan dengan event Pesta Danau Toba 2009 yang hingga saat ini tanggalnya belum difinalkan.

Tour D Toba 2009 dirancang untuk antara lain merevitalisasi kembali Wisata Danau yang hingga awal dekade 80an masih merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia dan Asia. Tour D Toba dirancang untuk menginap di tiga tempat yang berbeda yaitu di Parapat, Pangururan dan Tuktuk masing-masing satu malam. Peserta akan diajak untuk menikmati tempat-tempat wisata di kawasan Danau Toba seperti Parapat, Ajibata, Pulau Sibandang, situs peninggalan kerajaan Sisingamangaraja di Bakkara, Pangururan,  Silalahi, makam Raja Sidabutar di Tomok, komplek Istana Raja Siallagan dan lain-lain. Peserta juga akan dihibur dengan pertunjukan berbagai kesenian Batak selama di perjalanan dan menyaksikan pertunjukan kesenian Tortor Sigale-gale di Tomok.

Untuk yang berminat menjadi peserta dapat melakukan reservasi ke alamat berikut:

1. Untuk peserta dari Medan dan sekitarnya silahkan menghubungi:

Earth Society
PT. Toba Leuser Jln. Singamangaraja 132 A, Teladan Barat  MEDAN 20217
Tel ; 061 – 7331777 – 7331555
Fax ; 061 – 7331927
Contact person di sekret : an. Christin Simanjuntak

2. Untuk peserta dari luar Medan silahkan menghubungi:

Anugerah Tour and Travel
Comfort Hotel
Jln Adisucipto no 10, Tanjungpinang
Telp. 0771 41158 atau email ke anugerahtt@sitohang.org

contact person: Lenni Purba

Untuk itinerary lengkap tour ini silahkan lihat di website http://www.anugerahtt.wordpress.com

Untuk memastikan kepesertaan anda dalam tour yang dibatasi hanya untuk maks 45 peserta ini, silahkan melakukan reservasi sesegera mungkin ke alamat-alamat tersebut di atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s