MENGAPA PROVINSI TAPANULI DITOLAK?

Oleh: Petrus M. Sitohang

Berita meninggalnya Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Azis Angkat pada saat unjuk rasa massa pendukung pembentukan provinsi Tapanuli di Medan hari Selasa tanggal 3 Februari 2009 yang lalu di Medang sangat mengejutkan dan mengguncang perasaan.

Perjuangan pembentukan provinsi Tapanuli sudah lama dilakukan dan sejauh ini berlangsung dengan aman. Demonstrasi memang terjadi beberapa kali. Tetapi demonstrasi adalah bagian yang sah dari demokrasi. Jika aspirasi yang disampaikan oleh wakil-wakilnya di lembaga legislatif kurang membawa hasil, maka demostrasi adalah alat yang sah untuk mengartikulasikan aspirasi.

Adalah tugas aparat keamanan dalam hal ini kepolisian yang seharusnya mengantisipasi segala kemungkinan dari ekses demonstrasi. Fakta bahwa beberapa demonstrasi sebelum ini bisa berjalan dengan aman membuktikan ada yang salah pada cara pihak kepolisian daerah Sumatera Utara menangangi demonstrasi baru baru ini. Jadi jangan cuma menyalahkan para demonstran yang emosinya sudah meluap-luap karena selama ini merasa dipermainkan oleh DPRD Sumatera Utara.

Emosi rakyat kabupaten-kabupaten pendukung provinsi Tapanuli sudah terlalu lama diombang-ambingkan oleh pemerintah daerah dan DPRD Sumatera Utara. Ibaratnya anak sudah dewasa dan ingin tinggal terpisah dari orangtuanya tetapi dihalang-halangi tentu menimbulkan gejolak emosi.

Apalagi selama 60 tahun dalam naungan provinsi Sumatera Utara daerah-daerah yang menjadi bagian dari rencana Provinsi Tapanuli selama ini terus tertinggal dan bahkan selalu menjadi daerah kantong-kantong kemiskinan. Padahal daerah daerah itu sebenarnya memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa dan penduduk yang terkenal karena etos kerja dan semangat mengejar kemajuan pendidikan yang tinggi.

Jadi kalau akhirnya perjuangan ini menimbulkan ekses meninggalnya Ketua DPRD Sumatera Utara ini seharusnya membuka mata dan hati para anggota DPRD Sumut dan Pemerintah Daerah Sumatera Utara dan DPR RI agar jangan menganggap angin lalu aspirasi ingin membentuk provinsi Tapanuli. Ini bukanlah perjuangan untuk segelintir orang seperti yang sering dituduhkan. Ini adalah perjuangan membawa Tapanuli keluar dari kubang kemiskinan yang selama lebih 60 tahun dialami bersama provinsi Sumatera Utara.

*) Petrus M. Sitohang, anak dari seorang putera Samosir yang selalu merasa sedih dengan ketertinggalan Tapanuli setiap kali mengunjungi daerah yang sangat indah tersebut.

6 thoughts on “MENGAPA PROVINSI TAPANULI DITOLAK?

  1. Benar sekali. Yang menolak propinsi Tapanuli sebenarnya orang yang tinggal diluar Tapanuli, jadi mereka tidak tahu keadaan sebenarnya. Sekarang sok mau jadi pahlawan sebagai penolak protap (atau cari muka ). Kasihan para tersangka , mereka hanya korban dari kesewenangan legeslatif yang lamban merespon keinginan masyarakat. Dari kualitas SDM benar sekali bahwa orang orang Tapanuli cukup diperhitungkan di negeri ini , kalau di prosentasikan berdasarkan jumlah orang Tapanuli mungkin urutan ketiga setelah Jawa dan Sunda, dan mereka adalah orang yang lahir, sekolah di Tapanuli dan merantau ke luar Tapanuli, jadi alasan SDM kurang memadai tidak masuk akal.

  2. Seluruh orang Batak (Khususnya Batak Toba) pasti menginginkan berdirinya Protap.
    Saya adalah putera kelahiran Tarutung dan Kampung orang tua di Pangaribuan. 30 tahun sudah saya tinggalkan kampung halaman dan apa kemajuan yang saya dapat setelah 30 tahun? Hasilnya satu sekolah SLTP. Jalan tidak berubah masih seperti yang dahulu, sungguh memilukan apabila kita melewati kecamatan pangaribuan (berbatasan dengan Tapsel) dan masuk wilayah Tapsel maka jalan sudah berubah (Mulus), Mengapa demikian? karena proyek-proyek di Sumatera Utara lebih diprioritaskan ke daerah Tapsel, dan Sumatera Timur. Sementara Tapanuli Utara dengan berbagai kabupaten pemekarannya tertinggal jauh. Sebagai putera Batak tentunya hal ini akan selalu mengusik kita sampai kapan Tapanuli bangkit dari keterpurukan, jawabannya hanya satu, Jadikan Tapanuli Provinsi. Dengan demikian lebih membuka kran pembangunan agar dapat bersaing dengan daerah lain. Terlepas dari aksi anarkis beberapa waktu lalu, mari kita melihat dengan kaca mata jernih bahwa ini adalah reaksi emosional (Sudah menumpuk), dan harus dilepaskan dari rencana protap. Protap harus jadi. Horas.

  3. Waspadalah ikhwan-ikhwan fillah, Kalam Allah : “Walantardzo ankal yahudu walan nashoro hatta tattabia millatahum”
    Pembentukan Protap merupakan misi Kristen Internasional untuk membangun kekuatan Kristen di Indonesia. Peran surat kabar Indonesia Baru yang merupakan mulut orang-orang Nasrani dan Univ Sisingamangaraja merupakan pencetakan Kader Nasrani Militan. Waspada waspada waspada

  4. Semua kita orang batak harus bersatu memperjuangkan Propinsi Tapanuli agar sebuah propinsi yang makmuar dan bermartabat .Yang tidak setuju dengan propinsi tapanuli adalah orang-orang yang bukan batak, dimana kalau dia batak pasti setuju dengan Propinsi Tapanuli .Karena Tapanuli adalah tanah leluhur Bangso batak atau asal muasal orang batak .. jadi tanah leluhur batak adalah di tapanuli , marilah kita sama-sama saling bergandeng tangan dalam mewujudkan prppinsi tapanuli demi anak cucu kita di kemudian hari. satu-satunya partai yang menghambat proses pembentukan propinsi Tapanuli adalah Partai GOLKAR.untuk kita orang batak agar berpaling dari partai golkar.. karena partai golkar hanya janji-janji sampai tapanuli tidak pernah keluar dai kata PETA KEMISKINAN. Apakah kita orang Batak tidak malu Tanah leluhur kita dicap sebagai PETA KEMISKINan ?? wahai para pemiki dan pengusaha orang batak lihat kampungmu berilah setetes harapan kehidupan bagi saudaramu orang batak yang ada di Bona pasogit tapanuli.
    Biarkan sibolga mengundurkan diri , karena orang sibolga sudah setengah batak alias Dalle ( tidak asli batak). mari kita yang tinggal lima kabupaten memperjuangkan Propinsi Tapanuli. Hai kamu-kamu orang Batak yang diluar Tapanuli apakah kamu merasa tanah leluhurmu adalah tapanuli,,atau apakah darahmu masih mengalir darah orang batak ?
    marikita bukaakn mata kita melihat suku dan daerah lain yang tiap tahun mereka selalu mengikuti kemajuan.mari kita tinggalkan ke egoisan kita itu , karena tidak perlu lagi untuk jaman teknologi ini. mari kita satukan hati dan pikiran kita dalam mewujudkan Propinsi Tapanuli.

  5. Inilah yang di sebut politik. Jika protap langsung di ijinkan berar pembagian wilayah untuk prosumut berkurang, secara otomatis income juga berkurang. Tapi saya telah mengharga perjuangan orang2 internal tap yang ingin memekarkan protap ini, semoga ke depan sukses tanpa hambatan.

  6. Menolak Provinsi Tapanuli berarti Mendukung Tapanuli Merdeka. Ide yang sangat ekstrem ada yang mau memulai?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s