PRESIDEN AMERIKA KE 44: BARACK HUSSEIN OBAMA

Oleh: Petrus M. Sitohang

Barack Obama
Barack Obama

Barack Obama, anak seorang keturunan seorang muslim Kenya dari seorang ibu keturunan kaukasia akhirnya terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke 44 dalam pemilu yang bersejarah tanggal 4 November 2008. Obama mencatat sejarah karena menjadi warga Amerika Serikat keturunan Afrika yang pertama terpilih menjadi presiden negara terkuat dunia tersebut. Obama saat ini berusia 47 tahun, menikah dengan Michelle LaVaughn Obama (44) dan memiliki dua puteri Malia 10 tahun dan Shasa 7 tahun.

Sampai catatan ini ditulis, menurut laporan CNN Obama telah memperoleh 338 electoral votes sementara saingannya John Mc Cain baru memperoleh 141. Jumlah electoral votes ini diperoleh dari 56,131,681 warga yang memilih Obama dan 51,162,108 orang yang memilih Mc Cain dari seluruh 50 negara bagian Amerika Serikat. Seorang calon presiden Amerika hanya memerlukan 270 electoral votes untuk terpilih menjadi presiden untuk periode selama 4 tahun.

Kemenangan Obama ini tidak mengejutkan. Selama masa kampanye jajak pendapat nasional menunjukkan Obama senantiasa unggul dari rivalnya John Mc Cain. Kampanye Obama selalu disambut meriah para pendukungnya dan berhasil menyemangati para pemilih pemula dan para pemilih independen untuk mendukung Obama.

Presiden Obama akan didampingi oleh Wakil Presiden Joseph Biden, seorang rekan senator Obama di Senat dari Delaware yang juga mencatat sejarah sebagai wakil presiden Amerika Serikat yang beragama Katolik yang pertama.

Obama dan Biden secara sosial sesungguhnya datang dari kelompok minoritas di Amerika Serikat namun dapat diterima kelompok mayoritas untuk menjadi pemimpin Amerika karena mereka tidak melihat warna kulit atau latar belakang agama calon presidennya melainkan kemampuannya.

Bagaimanapun, kemenangan Obama adalah kemenangan demokrasi, khususnya demokrasi Amerika Serikat.

Selamat untuk Presiden Obama dan Wapres Biden…

closeup_formal1*) Petrus M. Sitohang, seorang akuntan beregister. Bekerja sebagai konsultan masalah-masalah anggaran dan keuangan daerah dan Manajer Keuangan sebuah PMA di Kawasan Perdagangan Bebas di Pulau Bintan.

www.sitohangdaribintan.blogspot.com

5 thoughts on “PRESIDEN AMERIKA KE 44: BARACK HUSSEIN OBAMA

  1. asalam..
    horass
    Indonesia jangan terlalu berharap atas presiden baru
    yang pasti negara indonesia yang kaya akan budaya dan
    kekayaan alam 100X lebih hebat dari AS
    horass lagi
    bersatu dan bersama kita bisa
    wasalam

  2. Dari berbagai komentar di TV kelihatannya bangsa ini tidak memiliki harga diri. Sehingga seolah2 dengan terpilihnya Obama dan karena dia pernah tinggal di Indonesia akan memberikan sesuatu yg luar biasa ke indonesia. Itulah cara pandang ketimuran yg “kekeluargaan”

    Tapi kita yakini sebagaimana ditulis di alkitab bahwa tidak ada pemimpin yg terjadi begitu saja, dan itu terjadi karena Tuhan berkehendak. Entah nanti dengan kempempimpinan pemimpin tsb bangsa itu makin hancur atau makin baik.

    Tetapi satu hal yg perlu dicatat bahwa kepempimpinan yg kuat hanya ada di tangan orang-orang beriman dan orang yg takut akan Tuhan

  3. @Toma,

    Mari kita doakan agar Presiden Obama bisa memperbaiki kerusakan dalam tatatan politik dan ekonomi yang ditinggalkan Presiden Goerge Bush

    @HW,

    Hidup dengan pengharapan kan lebih baik daripada putus harapan. Soal Indonesia lebih kaya 100X dari Amerika itu mungkin terlalu spekulatif ya…Kecuali anda punya data yang sahih.

    @Gregor,

    Negara Amerika adalah negara yang sangat berpengaruh bagi seluruh dunia.

    Meskipun pergantian kepemimpinan negara Amerika Serikat tidak akan berpengaruh secara langsung kepada negara lain seperti Indonesia, tetapi lebih masuk akal untuk mendorong publik Amerika dan mengharapkan agar Amerika berada dibawah kepemimpinan yang baik. Kita sudah merasakan akibat tidak langsung kepemimpinan yang sangat buruk seperti Presiden George Bush.

    Saya rasa antusiasme publik Indonesia, termasuk saya pribadi, terhadap kampanye dan terpilihnya Barack Obama harus dilihat dalam perspektif seperti itu. Mengagumi Obama tidak berarti kita merendahkan bangsa kita dihadapan bangsa Amerika. Saya tidak mengerti logika pemikiran seperti itu.

    Dan jangan lupa, Obama bukan hanya mendapat kekaguman dari Indonesia tetapi juga bangsa-bangsa Eropah. Kunjungan Obama ke negara-negara besar Eropah, ketika dia masih sebagai calon presiden sudah mendapatkan sambutan layaknya presiden.

  4. Tapi, kita harus kembali melihat bahwa, di dalam Alkitab tertulis bahwa “Celakalah orang yang berharap kepada manusia, tetapi damai sejahtera Allah akan menaungi orang-orang yang berharap kepadaNya”, itu cukup jelas.

    “Kita sudah merasakan akibat tidak langsung kepemimpinan yang sangat buruk seperti Presiden George Bush. ”

    Kalau misalnya karena dia menabuh perang dan akhirnya berdampak kepada anggaran Amerika yang membengkak, dan terus merembes kepada krisis ekonomi.

    Inipun saya pikir kurang tepat juga, karena menurut saya kalau kita lihat sejenak ke Alkitab perjanjian lama, sama spt kisah : dimana bangsa amalek atau juga filistin yang dihancurkan oleh bangsa Israil, bahkan Raja Saul menjadi tidak berkenan di hadapan Tuhan, juga karena dia tidak membunuh Raja Agak dan bahkan raja Saul malah membiarkan bangsanya untuk mengambil ternak2 yang gemuk, sangkanya bahwa Tuhan berkenan dengan persembahan spt itu.
    Dan mari kita lihat selanjutnya bagaimana tindakan nabi Samuel membunuh/mencincang raja Agak.

    Dan dikatakan Tuhan berperang di pihak Israel. Bahkan tertulis juga di kitab suci, bahwa bangsa akan bangkit melawan bangsa.

    Jadi perlu kita juga melihat, hal spt itu. Jadi semua apapun yang terjadi di dalam dunia ini harus dilihat dalam konteks penggenapan menuju satu titik.

    Mari kita lihat bagaimana Amerika memainkan peranan, apakah akan terjadi perbaikan atau tidak, tetapi semua itu apapun yang akan diambil oleh Obama nanti dalam tindakan dan kebijakannya apakah dalam negeri atau luar negeri, sangatlah tergantung kepada nilai dan prinsip yang dipegangnya, semoga prinsip dan nilai yang dipegangnya baik dan bersumber dari sang Kebenaran tertinggi. Kita berharap semoga lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s