PENAMPILAN SI HORAS DIANGGAP ENTENG

Oleh: Petrus M. Sitohang
Penampilan si Horas memang jauh dari keren. Maklumlah dia dibesarkan di desa Urat Samosir yang keras, makan jauh dari gizi yang memadai, dan di luar waktu sekolah kerjanya menggembala kerbau peliharaan keluarganya hingga petang. Karena ekonomi keluarga yang pas-pasan dan banyaknya adik-adiknya yang harus ditanggung, orangtuanya hanya sanggup menyekolahkan si Horas sampai tamat STM di Mogang Palipi Samosir.
Pada awalnya si Horas diterima bekerja hanya sebagai karyawan teknisi biasa. Namun karena tiap tahun dia menunjukkan prestasi kerja yang selalu sangat baik, pandai bergaul, senang dan cepat belajar teknologi dan pengetahuan baru dan menunjukkan sifat kepemimpinan dan tanggungjawab yang tinggi akhirnya dia dipromosikan menjadi Asisten Manajer bagian Maintenance di perusahaan tempatnya bekerja di Bintan Resort. Pengakuan tersebut semakin membuat si Horas gairah bekerja apalagi sekarang dia diberi fasilitas mobil kantor.

Suatu hari si Horas yang sedang dalam perjalanan pulang dari tugas luar kantor berhenti di pintu masuk kawasan Bintan Resort. Seseorang yang rupanya ingin masuk ke kawasan tersebut memberi tanda meminta tumpangan mobil yang dikendarai si Horas. Si Horas menghentikan mobil dinasnya.

“Siang mas. Apakah saya boleh menumpang ikut ke Bintan Resort?” tanya orang tersebut
kepada si Horas.

“Silahkan” jawab si Horas tanpa ragu.

“Ada keperluan apa ke Bintan Resort” tanya si Horas sambil mengemudikan mobilnya.

“Saya dipanggil untuk wawancara kerja mas,” jawab orang tersebut dengan rasa bangga.
“Sudah lama saya melamar dan ingin kerja di sana mas. Tapi baru kali ini dipanggil.” lanjut orang tersebut dengan rasa percaya diri.

“Bapak melamar di bagian apa?” tanya si Horas sedikit menyelidik. Dia sendiri pada hari itu memang sudah membuat jadwal wawancara dengan beberapa calon karyawan baru di departemennya.

“Bagian Maintenance mas” jawab orang tersebut mantap. “Ini ada surat panggilannya, saya diminta menghadap bossnya. Namanya Pak Horas…. Katanya pak Horas itu boss yang tegas tapi baik lho mas,” kata orang tersebut semakin bersemangat.

Si Horas mulai merasa tidak nyaman.

“Ngomong-ngomong, mas sudah lama kerja di Bintan Resort ya?” tanya orang tersebut tidak perduli dengan si Horas yang merasa semakin tidak nyaman.

Dan sebelum si Horas menjawab, orang tersebut melanjutkan bertanya, “Gimana mas? Enak kerja jadi supir?”

One thought on “PENAMPILAN SI HORAS DIANGGAP ENTENG

  1. On ma Jolma na so mamboto MAGO na,si GINJANG ROHA, so boha dope, nungnga dirmpu Dirina naung timbo ( Ndang idaon ni Jolma sisongon na denggan, alana ndang di boto theory ASSIMILASI TATA KRAMA Penduduk), Sai dirimpu do songon na di Hutanai, molo mamboan Mobil,supir ma karejona. Alana persis songon on, salah satu di antara sian banyak kejadian na ( SILLY / FOOLISH EVENTS ), nungnga terjadi tu Ahu, di dok tu Ahu, ” Tabonai Hamu SUPIR on, karejona boi do holan raun2 ” ( Di rimpu rohana do Ahu SUPIR ). Hape so nalaho raun2 Iba, nalaho manuju adong do ulaon tu Bangunan kantor na lain.
    Jadi ndang sude Jolma mangingot TONA ni Ompunta, MOLO MANGIDO , DITORU DO TANGAN.
    Dirimpu ibana na pintor di jalo karejo, jala dipingkiri ma muse, ” On ma nalaho Supir Hu “, hape so di boto nalao Boss na do.
    Molo Pangaranto si songon on, ” SITAPULEONG ” do goar nion.
    Mudah2 an ma molo adong mangaranto hita SITOHANG unang ditiru on ( Ndang marbibir Ate2 mangida Jolma sisongon on)
    Sipata molo piningkiran, didok HATA ni Jolma namalo : BE A LOW PROFILE PERSON, hape on ma salah satu / sada akibat na menyakitkan na Low Profile.

    Pasabar, Palambas Roha, Alai taingot ma :
    Na denggan na ni ulahon tu dongan Jolma, ndang sian Jolma na ni tolong i Jaloon Pasu2 balos na, sian TUHANTA do.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s