SENATOR JOE BIDEN MENDAMPINGI OBAMA

Senator Joe Biden dan Barack Obama
Senator Joe Biden dan Barack Obama

 

Senator Barack Obama (Demokrat- Illionis) yang dipastikan menjadi calon presiden dari Partai Demokrat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada pemilu November 2008 mengumumkan Senator Joe Biden (Demokrat-Delaware) sebagai pendampingnya. Pengumuman ini dilakukan Obama bersama-sama dengan Joe Biden di Illinois pada hari Sabtu, 23 Agustus 2008 hanya dua hari sebelum Konvensi Partai Demokrat di Denver yang akan secara resmi mengukuhkan pencalonan pasangan.

Pengumuman ini menyudahi teka-teki selama berbulan-bulan sejak Obama dipastikan memperoleh dukungan yang diperlukan untuk mendapatkan nominasi Partai Demokrat sebagai kandidat Presiden Amerika Serikat mengalahkan saingan terberatnya Senator Hillary Clinton (Demokrat- New York). Setelah mengakui kekalahannya atas Obama dalam kampanye pendahuluan (primary) untuk mendapatkan delegasi pendukung di konvensi nasional Partai Demokrat, Hillary Clinton merupakan salah satu dari sekian banyak figur yang dijagokan oleh petinggi dan pendukung Partai Demokrat untuk menjadi pasangan Barack Obama dalam pemilu yang tinggal 3 bulan lagi. Namun Clinton ditolak oleh mantan Presiden Jimmy Carter dan Senator Ted Kennedy (Depkrat- Massachuset) dua tokoh yang sangat dihormati oleh Partai Demokrat.

Konvensi Nasional Partai Demokrat di Denver akan dimulai hari ini dan berlangsung hingga tanggal 28 Agustus. Pada hari terakhir konvensi, Barack Obama akan menyampaikan pidato penerimaan pencalonan dihadapan 70,000 pendukungnya di sebuah stadion terbuka di Denver. Ini akan merupakan sejarah baru dalam konvensi Partai Demokrat karena selama ini pidato semacam itu biasanya dilakukan dalam ruangan konvensi dalam gedung tertutup.

Pencalonan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat akan merupakan lembaran baru dalam sejarah negara Amerika Serikat.  Sebelum ini tidak sebuah partai besar (Partai Demokrat atau Partai Republik) mencalonkan seorang warga keturunan Afrika  menjadi calon presiden.

Sejarah Amerika Serikat juga pernah mencatat satu-satunya Presiden yang bukan protestan yaitu John F. Kennedy. Kennedy adalah seorang yang beragama Katolik. Kenedy dicatat sebagai salah seorang presiden terbesar Amerika. Dia dikenal dengan pidatonya yang mengajak warga Amerika jangan bertanya apa yang diperbuat negara Amerika untuk mereka tetapi bertanyalah apa yang  telah mereka perbuat untuk negara mereka. Pidato ini kemudian menjadi salah satu pidato yang sangat populer dan sering dikutip oleh pemimpin-pemimpin lain di seluruh dunia.

Selama kampanye pendahuluan (primary) Senator Barack Obama senantiasa berhasil menarik ribuan simpatisan yang bersemangat untuk mendengar pidatonya. Meskipun dalam berbagai jajak pendapat sebelumnya dia senantiasa berada di belakang poplaritas Clinton, ternyata akhirnya keluar sebagai pemenang dalam pengumpulan delegasi yang diperlukan dari seluruh kandidat Partai Demokrat.

Dalam pemilu bukan November nanti, Obama akan menghadapi Senator John Mc Cain dari Partai Republik. Dalam berbagai jajak pendapat selama ini, Obama selantiasa unggul dari John Mc. Cain. Namun hanya Pemilu bulan November 2008 yang akan memutuskan apakah Senator Barack Obama yang masa kecilnya sempat dilalui di Jakarta, akan terpilih sebagai presiden Amerika yang baru untuk periode 2009-2013.

Jika Obama memenangi pemilu nanti terpilih dia akan dicatat dalam sejarah baru Amerika Serikat  yakni sebagai seorang Presiden dari negara terkuat di dunia dari keturunan Afrika untuk pertama kalinya.

(Petrus Sitohang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s