MENGAPA SULIT MENCARI JODOH SESAMA BATAK?

  

Oleh: Ferdinan Sitohang (Jakarta)

Fenomena ini memang sedang hangat-hangatnya sekarang buat generasi muda tak terkecuali saya. Jika kita menilik ke belakang, dulu di huta, di masa-masa ompunta, seringkali diadakan acara buat muda-mudi, yang bertujuan untuk memperkenalkan wanita dan pria dalam acara pesta tersebut. Di pesta tersebut pastinya akan diputar tortor naposo, dan ada bagian yang namanya “marhusip” pada waktu manortor itu.Seiring dengan berjalannya waktu acara seperti ini sudah tidak ditemukan lagi. Bahkan di huta sekalipun sudah tidak pernah lagi diadakan kegiatan seperti itu. Alhasil banyak yang berkenalan di mall, di pasar, di jalanan dan lain lain. Sehingga yang dikenal adalah mereka yang kebanyakan dari suku yang asing.

Saya selaku naposo di salah satu gereja HKBP di Jakarta pernah mengusulkan kepada BPH Naposo untuk mengadakan even pesta naposo HKBP, dengan gabungan beberapa gereja HKBP yang dekat atau bisa dijangkau kendaraaan. Saya sangat sedih melihat kami naposo ini malahan banyak yang tidak menggubris lagi hal-hal yang berbau adat, dengan alasan kuno, nggak up to date, norak, parhuta-huta hian.
Padahal selaku naposo Gereja, pertemuan antara pria dan wanita adalah momen yang sangat tepat apabila untuk mencari jodoh atau pasangan. Apakah acara untuk naposo ini akan pernah terlaksana saya juga tidak tau?

Saya dulunya aktif sekali chating di dunia maya mencari boru-boru batak. Banyak yang kenalan melalui dunia maya, dan alangkah terkejutnya saya, rata-rata pada umumnya sudah berumur namun belum menemukan rongkap ni tondi.
Beberapa kalau saya tanyakan mengenai cowok atau yang pernah jadi cowoknya maka jawabannya adalah orang Jawa, Cina, Betawi dan lain-lain. Ketika aku tanyakan kenapa tidak mencoba dengan cowok batak, jawabannya adalah: cowok batak terlalu tinggi hati, belagu, sok apalagi kalau sudah kerja dan punya jabatan, bisa dipastikan sombong, tambahan karena menganggap dirinya “anak ni Raja“Saya mendengar jawaban itu sedih, padahal tidak semuanya cowok batak itu begitu, namun ada benarnya juga dan tidak bisa dipungkiri. Saya berpikir cowok batak itu sebenarnya tidak demikian tetapi memang gengsi lah yang membuat kebanyakan kami ini begitu.
Jadi AKAN KEMANAKAH KAMI MENCARI JODOH KAMI????

Catatan:

Omputa:  Nenek moyang kita

Tortor naposo: sebuah acara menari untuk muda mudi di Tanah Batak

Marhusip: berbisik-bisik

Manortor: menari

Parhuta huta hian: kampungan sekali

Rongkap ni tondi: jodoh

Anak ni Raja: anak raja

 

 

 

 

 

 

69 thoughts on “MENGAPA SULIT MENCARI JODOH SESAMA BATAK?

  1. HORAS!! (ini ciri khas dari suku batak kan? )
    jodoh!!
    memang sulit bila membicarakan ttg 1 hal ini. Ada seseorg yg bilang ke sy kl jodoh ditangan Tuhan. Benarkah?
    Wajar jika kita ingin mencari yang terbaik dari yg pernah di temui untuk jodoh kita. Dan sangatlah wajar bila sebagai org suku ttt menginginkan jodoh yg dari suku yg sama.
    Tidak ada larangan untuk keinginan tersebut.
    Ada yg bilang bahwa cowo batak sobmong apalagi kl sudah bekerja dan mempunyai jabatan. Sebenarnya tidak hanya cowo batak aja. Banyak sy temui, teman2 dari suku chinese (sy sdr adl cewe chinese) yg jg memiliki ego yg tinggi, krn ada faktor merasa diri hebat. Jadi saya rasa itu kembali lagi dari pribadi mereka masing2.
    Permasalahannya, yg kmu tanyakan. “MENGAPA SULIT MENCARI JODOH SESAMA BATAK?” itukah keinginanmu?
    Hidup kita ini milik siapa, kamu pasti tau. Yg berkuasa atas diri kita sebenarnya siapa, kamu pun pasti tau. Sebagai manusia memang wajib berusaha, tp haruskah kita memagari yg berkuasa atas kita dengan segala keinginan kita?
    Sy sdr telah hampir 3 thn memiliki perasaan yg campur aduk terhadap 1 cowo batak. Bgt banyak air mata tp jg banyak tawa. Dia sosok laki2 yang misterius. Mgkn ada yg bilang dia itu cowo sombong, brengsek, sok kecakepan, dan jahat (terutama terhadap sy) tp apapun itu, sifat dan sikap dia, pemikiran dia baik yg bisa sy terima maupun yg sulit untuk sy mengerti, tetaplah itu dia. Seorang cowo batak yg memiliki kebanggaan terhadap siapa dirinya, asal usulnya, keluarganya dan terlebih lg dia selalu bersyukur dg dirinya sbg org dari suku batak. Itu salah satu hal yg membuat sy tertarik terhadap cowo itu. Ingin rasanya dia itu menjadi jodoh saya, meskipun sgt sy sadari akan sulit pihak keluarga sy untuk menerima perbedaan ini, tp harapan ini tetap ada dan skrg sepenuhnya sy serahkan kepada yg berkuasa atas diri sy. Sebenarnya sebagai manusia yg tdk luput dari kelemahan, kegagalan, ego dan serakah, seringkali harapan sy ini justru melukai dirinya dan diri sy sdr. Kekuatan manusia, lagi2 itu yg sy gunakan. Ada yg pernah bilang ke sy ‘jgn lah menggantungkan pada kekuatan kita sebagai manusia krn kekuatan kita bukanlah apa2 dibandingkan kekuatan-Nya’. Hal ini yg selalu sy ingat stiap kali sy lalai dan jatuh dlm iman. Skrg ini justru org tsb sengaja memutuskan komunikasi dg sy, menghindari sy. Entah apa yg harus sy lakukan. Saat ini bgt sulit buat sy ditambah ada kejadian yg menghancurkan sebagian besar harapan sy tp sy rasa jika sy tetap berpeganan tangan dg-Nya, meskipun berat untuk melangkah, stdknya sy tak akan jatuh. Dan harapan ttg jodohkupun ketaruh dihadirat-Nya. krn sy tak ingin menggunakan kekuatan sy sbg manusia untuk mengekang kekuatan kuasa dr pencipta sy. Jd mengapa harus kita menyebutkan jodoh kita dari suku ttt? Bukankah Dia Maha Tau, Dia Maha Pengasih? Tanpa kmu sebutkan apa keinginanmu, Dia telah tau bahkan seblm kmu tau apa keinginanmu, Dia telah mengetahui apa yg kamu inginkan. Lagipula Dia Maha Pengasih, tak akan dia berikan kamu yg terburuk, pastilah yg terbaik. Mengapa kita tidak mempercayakan pekerjaan sulit itu kepada-Nya? Sy rasa yg bisa kita lakukan hanyalah berdoa untuk lebih menguatkan diri. Krn semakin dekat dg-Nya semakin mudah Dia berkomunikasi dg kita, shg saat Dia telah mempertemukan kamu dg jodohmu, kamu bisa menyadarinya dan bukan dg keraguan tp ada kasih yg terpancar pada saat itu. Maaf bila perkataan sy ada menyinggung kmu, sy hanya ingin mengungkapkan kata hati dan krn nama kamu sama dg cowo batak yg sy maksud. Bagaimanapun, dg sy dekat dg dia (seorg cowo batak) sy bisa menghilangkan pandangan buruk ttg suku selain chinese. Manusia tak ada yg sempurna tp tak ada manusia yang jahat. Dan ingin sy mengatakan ke cowo batak itu, (bagaimana bahasa bataknya?) “kamu yg terbaik yg pernah aku temui sampai saat ini”.

  2. Horas MJ.
    Saya approud atas salam pertamamu.

    [ “Maaf bila perkataan sy ada menyinggung kmu, sy hanya ingin mengungkapkan kata hati dan

    krn nama kamu sama dg cowo batak yg sy maksud.

    Bagaimanapun, dg sy dekat dg dia (seorg cowo batak) sy bisa menghilangkan pandangan buruk ttg suku selain chinese. Manusia tak ada yg sempurna tp tak ada manusia yang jahat. Dan ingin sy mengatakan ke cowo batak itu, (bagaimana bahasa bataknya?) “kamu yg terbaik yg pernah aku temui sampai saat ini”. ]

    inilah bahasa bataknya:
    “holan ho do hasian na dumenggan na hutadda baoa saat tu sadarion”

    Semoga cowokmu itu membaca isi hatimu ini, lewat postinganmu ini izinkan kami atas nama parhobas memberi sedikit komentar ya!.
    Banyak orang awan yang mengethaui bahwa pasangan Batak Chinese di Indonesia ini sudah sangat banyak, dan banyak yang berhasil, namun dipastikan 80% dari pasangan ini pasti menghadapi masalah ketika proses berpacaran sampai ke pelaminan, tentunya masalah external, seperti ketidak setujuan ortu, baik dari pihak laki maupun perempuan, masalah ini akan lebih kentara ketika si laki adalah batak, dan si perempuan adalah chinese, ntah kenapa, yang selalu di zoom adalah, si keluarga chinese tidak merelakan anaknya, akibat kekuatiran tentang materi, nanti kamu makan apa, nanti anakmu jadi apa, nanti keluargamu bisa apa!.

    tetapi kembali ke komitmen awal, ……seperti di postinganmu, Yang Diatas lebih tau segalanya.

    Laki batak sangat setia, ntah karena urat urat adrenalin orang batak itu lebih keras keras ya!, sehingga sulit berpaling ke yang lain, namun semakin terkikis oleh peradaban yang semakin maju, banyak juga saat ini orang batak yang sudah lari dari tatanan adat dan agama.

    semoga postingan kami ini bisa mengurangi kegundahan hatimu saat ini. doa kami, kamu dapat jodoh yang terbaik nantinya

    Horas
    Parhobas

  3. @Ferdinan,

    Horas,

    Saya menikah dengan boru Batak… Memang tidak bisa membandingkan bagaimana menikah dengan boru Batak dan bukan boru Batak karena saya cuma menikah sekali…dan kerana tuntunan agama yang saya anut hanya diperbolehkan sekali.

    Saya hanya bisa mengatakan bahwa kehidupan pernikahan adalah sesuatu yang sangat unik…Tidak mungkin bisa membandingkan walaupun sesama lelaki batak yang menikah dengan wanita Batak.

    Saya menghargai usahamu untuk mencari pendamping boru Batak. Mungkin ini terinspirasi dengan kehidupan pernikahan orang tua atau orang lain yang kamu lihat ideal.

    Namun waktu berubah, situasi yang melingkupi lelaki dan perempuan Batak juga berubah dan itu membuat sifat-sifat orang Batak (pria maupun wanita) juga berubah…

    Saya kawatir streotif Batak yang kamu idealkan (yang mungkin berdasarkan gambaran orang Batak dulu) mungkin tidak akan ditemui lagi dewasa ini….Bukankah pendidikan dan lingkungan akan turut mempengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok masyarakat.

    Sebaiknya realistis saja. Tidak ada jaminan bahwa perempuan Batak akan bisa menjadi pendamping yang terbaik buatmu…

    Ingat banyak lho perempuan Batak sekarang yang tidak suka dengan makanan khas Batak atau suka manortor…

    @MJ,

    Saya bersimpati dengan kisahmu… Saya mendoakan semoga kamu mendapatkan pasangan yang akan mencintaimu…

    Jangan terpaku pada masa lalu…Saya punya motto yang baik untukmu…”Patah tumbuh hilang berganti.” Itu prinsip yang baik…Tapi jangan jadi “Esa hilang dua terbilan ya…”

    Horas juga untuk mu,

  4. Horas Appara Ferdinand.

    Untuk pertanyaanmu : “Jadi AKAN KEMANAKAH KAMI MENCARI JODOH KAMI????
    Aku kasih saran sedikit ya….
    I. Berdoa : jangan malu-malu minta sama Tuhan kalau appara sungguh2 ingin mencari jodoh/soulmate (untuk berumah tangga). Bukti sudah ada : saya sendiri, walau orang lain bilang ada yang kurang tp bagiku Istriku adalah “The best wife in the World” karena aku percaya, dia adalah istri pilihan Tuhan untukku sebagai jawaban doaku.

    II. Buang jauh2 Gengsi : kalau tidak bisa atau malu atau kurang berani seindiri menyatakan keinginan terhadap wanita batak yang appara sukai, banyak jalan, minta bantuan teman, saudara atau orang tua untuk menyampaikannya (apalagi wanita itu masih dalm lingkup kenalan teman, saudara atau natu-tua kita).

    III. Cobalah membuang kriteria “perfect” dalam segala hal untuk wanita yang appara inginkan. Karena tak adapun manusia yang sempurna, baik dari segi cantiknya, baiknnya, etc..

    Ok appara… semoga bisa memberi seidikit pencerahan.

  5. @Ferdinan.

    Horas anggia, bicara tantang jodoh, sangat sulit untuk menemukan formula yag benar, tidak bisa di kali-kalikan, tidak bisa di upload seperti yang sering kamu lakukan di dunia IT, ataupun tidak bisa di kanibal.
    yang disampaikan @Effrael adalah formula yang benar.

    namun saya appreciated dgn usahamu untuk merefleksikan isi hatimu melalui postinganmu ini.

    orang batak ada nilai plusnya, khususnya cw batak, lihatlah mulai dari siantar, parapat, balige, sampai ke doloksanggul dan parlilitan, disetiap pinggiran jalan pasti ada ibu ibu yang menggendong anak dan memikul cangkul serta menjinjing keranjang, mereka bertarung dan berjuang untuk kelanjutan hidup keluarganya, bahkan walapun si suaminya hanya duduk di warung, dia dgn tulus hatinya pergi demi anak keturunannya. yap. beruntung pria batak yang menemukan wanita batak yang baik, petarung, dan juga punya inner beauty. dan jika di hari minggu, mereka pergi ke gereja selayaknya keluarga kristen

    tapi saat ini, pergeseran pola pikir wanita batak banyak yang berubah, malah marbahasa batak pun tidak tau, martutur pun tidak tau, apa namboru, marga apa amang boru pun tidak tau, tidak suka lagu batak, yang disuka lagu hip hop, tidak sula ulos, yang disuka kain tetron, dan banyak lagi.

    semoga uraian diatas menambah wacana berpikirmu, dan kamu di yakinkan bahwa jodoh itu pemberian yang diatas.

    Horas

  6. Nice Post…..

    @appara Ferdinan;
    aku masih single dan sepertinya belum pantas menasehati untuk urusan yang satu ini, tapi tak ada salahnya jugakan kalo kita saling mengingatkan atau beri masukan mudah2an bisa membantu

    “Jadi Akan Kemanakah Kami mencari Jodoh Kami?”

    Ke kamar Tidur, kunci kamar Berdoalah dengan segenap hati, sungguh2 dan Mintalah apa yang ingin appara Minta, berikut Doanya:

    Bapa Kami yang ada disurga
    Dimuliakanlah NamaMU
    Datanglah KerajaanMU
    Jadilah KehendakMU
    lanjutannya appara teruskan yaaa…..

    @MJ
    Salam Hangat buat Lae Ferdinan (ur boyfriend ofcourse)
    mudah2an bahasa batak yang kamu tanyakan dan sudah dijawab parhobas benar2 kamu sampaikan padanya, setidaknya dia tahu kesunyian dirimu tanpanya. btw, aku suka komen kamu diatas ini menunjukkan kamu benar2 cewek tangguh dan kokoh, Good Luck.

  7. @All
    Semua masukan yang diberikan adalah patut diterima.
    Saya tidak menyangka apa yang saya kirim di milis malah diposting disini. Terimakasih buat Admin.

    Sebenarnya itu bukanlah hanya dari saya pribadi, melainkan banyak cowo batak yang memang memiliki pertanyaan yang demikian, jadi yah saya mewakili. kira-kira begitulah.

    Melihat banyaknya tanggapan yang masuk ,sebenarnya topik ini memang tidak akan ada habisnya, hanya satu yang menjadi penyelesai dalam pertanyaan itu yaitu Yang Maha Kuasa.

    Kalau memang mengenai jodoh, pastinya akan selalu dibarengi dengan doa, karena jodoh tanpa didoakan adalah NULL. So even dengan siapa kita sekarang tentunya harus dibawakan dalam doa, dan bukan dengan kekuatan sendiri

  8. @MJ
    kubayangkan sejenak kalo sekiranya akulah si Ferdinanmu itu, argh…bangga kali aku bisa memilikimu. sejujurnya kalo apa yang MJ tulis adalah benar2 refleksi dari dirimu yang sesungguhnya, Bah memang wanita seperti inilah yang paling dicari cowok batak. Sungguh kesalahan besar dalam hidupku kalo aku sampai melepasmu

    Sedikit berbagi ya…
    Aku punya kakak ipar boru cina, dulu waktu abangku mau menikah dengan kakakku yang ternyata “excellent” ini sangat ditentang kedua keluarga. sama2 tak setuju atas cinta mereka. Pertama abang aku ini anak paling besar (sulung) dikeluarga kami jadi sangat diharapkan agar bisa menikah dengan pariban (Putri Paman) minimal boru bataklah, kemudian kakak juga mendapat perlakuan yg sama dari pihak keluarganya sangat ditentang untuk menikah dengan abang kami ini (apalagi kakak harus pindah keyakinan yg sudah di-IMANI sejak lahir) dan dengan komitmen mereka dan tentunya sudah memikirkan segala konsekuensinya mereka tetap memutuskan untuk menikah. sampai punya anak 4 laki semua (Ganteng2 lho) Putih bersih seperti mamanya watak keras seperti papanya.
    masih panjang cerita kehidupan mereka tapi intinya yg kumaksud adalah mereka BERANI BUAT KEPUTUSAN DENGAN SEGALA KONSEKUENSI YANG HARUS DIHADAPI.

    Sejujurnya tak jauh beda juga dengan apa yg kualami saat ini, under progress lintas budaya lintas agama

    indahnyahidupbersamaorangyangsalingmengasihi,
    takperlubanyakbicarabuktikansajadahsyatnyakekuatanNYA

  9. menurut ku bukan karena arogan, namun satu pihak saya mengakui,bahwa mendapatkan seorang wanita itu adalah yang sangat sulit, yaitu dalam masalah kesenjangan sosial yang terlah berbaur dengan budanya lain. seakan-akan perkumpulan dalam sebuah organisasi orang Batak tidak ada.

    saya sebagai putra Batak, walaup[un jauh dari perantauan namun ada kerinduan untuk mendapatkan putri Batak.

    tapi apa daya kemampuan mendapatkan itu bukanlah khal yang gampang sekali, sampai saat ini saya mencari, namun belum mendapatkan, dan dalam kerinduan yang mendalam . . . pelita_muda@yahoo.co.id

    1. menurut pengalaman saya rata2 co batak itu memang arogan, keras kepala dan orangnya sangat gengsian….tapi dibalik sifatnya itu co batak memiliki sifat pekerja keras dan sayang terhadap keluarga….

      saya juga rindu berjodohkan dengan co batak….
      aku ingin berkenalan dengan kamu,,,siapa tau kita cocok

      nie hp aku : 0812 1629 4044

  10. Sebenarnya co batak batak nya sombong tpi menurut pngalaman sy sebagai co batak ada rasa kurang berani klo kta mendekati ce batak gak tau kenapa padahal sbnrnya dalam hati ingin skali untuk berkenalan,klo bukan ce batak gampang sekali untuk mendekati/berkenalan. sy co batak kelahiran rantau sy pacaran udah 5x dengan ce luar batak,menurut sy menaklukkan ce paling paling gampang ….tapi kalau ce batak he he he …untuk berkenalan aja minta ampun susahnya kadang ce batak suka jual mahal padahal wajah atau pun pekerjaan nya gak terlalu bagus.. padahal sy co mapan ,dan wajah jga boleh,dan sekarang sy pasrah untuk tidak mendapatkan ce batak padahal orang tua dan keinginan sy sampai saat ini masih menginginkan ce batak,tapi itu semua gak mungkin karna sy udah berpacaran dengan ce luar batak dan tahun depan kami akan merid…..Beruntung lah kalian ce atau co batak yg udah perpacaran dngan sesama batak. tuhan berkatilah mereka ce ,co batak berikanlah mereka jodoh………dan jauhkan lah mereka dari halak sileban…….

  11. Sy cewek chinese. Bebrp wkt lalu sy brknln dgn cowok batak. Hub kami bs diblg ckp dkt. Kami sering jln brng. Lama2 sy mulai menyukai dia, tp sy takut dia tau prasaan sy ini. Krn sy sadar, trlalu byk prbedaan diantara kami. Lgpl sptnya dia ngk brniat utk mempunyai istri yg bkn dr suku batak. Krn dr critanya slm ini, dia sdh suka ma cewek batak. Meskipn sampai skrg ngk ada tanggapn dr cewek batak itu krn sdh mnjln hub dgn cowok lain. Kadang sy suka brtanya2 sndr, “Kalopun dia jg suka sama sy, apakh mgkn hub kami bs brlnjt? Mengingt kami brasal dr 2 suku yg brbeda.” Dr keluarga sy sbnrny ngk mslh asalkn seiman, tp apakh kelurganya mau menerima calon menantu yg bkn dr suku batak? Tp sampai dtk ini sy brsyukur prnh mengenalnya, biarpun cm sebts hub prsahabatn. Itulh alasn knp sy takut dia tau ttg prasaan sy. Sy ngk mau merusak prshbtn ini.

  12. Menurut saya berusaha sajalah dulu dengan segala upaya utk dapatkan jodoh boru batak. .namun tidak lupa diiringi doa kepada Tuhan. .semua akan indah pada waktunya. .jangan larut dalam kecemasan masalah jodoh. .hidup hanya sekali. .dan ragam agama,suku serta adat istiadat adalah sentuhan kecil dari segenap kreasiNYA. .good luck lae. .horas. .

  13. Horas!!!
    Saya juga sedang mencari jodoh orang Batak, usia saya 34 tahun, saya seorang karyawati, dan belum pernah menikah. Mungkin kalau ada saudara atau teman bisa-lah kita berkenalan, HP saya 02199643319, 081381930930.
    Karena bagaimanpun juga menurut saya lebih nyaman rasanya menikah dengan sesama orang Batak, dan karena saya anak perempuan satu-satunya di keluarga, sehingga oleh ortu diharapkan menikah dengan sesama Batak juga.

    1. Saya juga lagi nyari jodoh boru batak. Tapi tempat kita terpisah lumayan jauh, karena aku di medan. Barusan aku telp, tapi nggak diangkat. Gimana caranya ya?

    1. ya saya boru batak yang lagi cari jodoh, saya br. Silitonga dari Sipoholon tinggal di bekasi, siapa tau mau berkenalan boleh telp saya ke no. 081314259951, dan semoga Tuhan selalu beserta kita Amin

  14. Setuju banget dengan tulisan Bang Ferdinand.
    Akhirnya kembali ke diri kita masing2…. kita ga boleh stereotype.
    Saya sendiri Batak “half-ing”, pernah dekat dengan cowo Batak yang tinggi hati-nya minta ampun… (ya itu… “mutu dikit”, sombongnya dah ke mana2, padahal setelah ditelisik2, ga mutu-mutu amat.. haha). Jadi agak kapok sama orang Batak (walaupun saya tau, tidak semua cowo Batak seperti itu. Tapi emang mayoritas sih). Tapi sebaliknya, orang2 di sekitar saya yang bukan Batak juga, belum tahu saya seperti apa, kayaknya sudah “serem”, hanya karena di belakang nama saya ada “marga”-nya….. hahaha.

    Seharusnya, apapun suku kita, yang penting kita berbuat yang terbaik dalam hidup ini…. dan seharusnya kita ga menilai orang lain baik atau tidak dari suku-nya.

  15. horas…
    sebenarnya terlepas dari apa dan siapun yang namanya co/ce batak yang sudah mempunyai pekerjaa,title, kel yang ada itu pasti mempunyai keinginan untuk mencari yang lebih dalam segala hal, apa lagi keluarga besarbesar pasti menginginkan anak2nya dapet yang terbaik’ tapi terlepas itu semua carilah pasangan hidup yang Tuhan mau, bukan apa yang kita mau.. Gbu

  16. horas…
    sebenarnya terlepas dari apa dan siapun yang namanya co/ce batak yang sudah mempunyai pekerjaa,title, kel yang ada itu pasti mempunyai keinginan untuk mencari yang lebih dalam segala hal, apa lagi keluarga besar pasti menginginkan anak2nya dapet yang terbaik’ tapi terlepas itu semua carilah pasangan hidup yang Tuhan mau, bukan apa yang kita mau.. Gbu

  17. Udah sama Jawa aja, pengalaman ni Mas, Ibu saya orang Jawa disakitin Bapak saya yg orang Batak, cuma bisa diem aja dan menagis. Coba kalo Bapak saya dapet cw Batak, bisa pecah piring tiap hari. Hihihihi, saya cw Batak? Bukan saya Batak-Jawa. Saya Indonesia

  18. wuachhh setuju banget nih walau aq dr batak muslim aq pun sangat menginginkan dpt jodoh sesama Halak hita tp semua itu kembali kl memang jodohnya ^_^

  19. Perempuan, usia 27 thn, TB:160, BB:50, karyawan swasta. pendidikan S1, Kristen Prostestan. Wanita setia mau cari teman hidup yg Cinta Tuhan, Batak,serius berkomitmen, setia, mandiri, jujur/terbuka, dan full of care.
    God Bless you..

    Name: Lidia /Jakarta Timur
    0852 82209459

  20. ak sudah lah jadikan saja ini ajang cari jodoh untuk semua khusus warga batak.. sekalian cari rokkap ni tondi, 085710033363, fb. edi nababan, semoga cara Tuhan yang misterius itu salah satu ajang ini. Gbu all

  21. ah… sudah lah jadikan saja ini ajang cari jodoh untuk semua khusus warga batak.. sekalian cari rokkap ni tondi, 085710033363, fb. edi nababan, semoga cara Tuhan yang misterius itu salah satu ajang ini. Gbu all

  22. sebenarnya ini juga jadi masalah besar buat saya. saya bingung harus kemana lagi mencari jodoh, disini (jawa tengah) sangat sulit sekali mencari boru ni raja. saya bermaksud mencari boru sileban tetapi keluarga besar saya semua menolak meskipun wanita yang saya pacari adalah wanita baik2, dengan status dan kelakuan baik. dan yang paling parahnya lagi, keluarga saya men-cap wanita diluar suku batak tidak benar (maaf bagi teman2 dari suku lain). ini yang paling membuat saya geram, bagi saya semua orang itu punya karakter masing2 dan belum tentu juga semua orang batak adalah orang baik2.
    saya bingung, kalau saya melawan kehendak orang tua, saya takut di-cap anak durhaka, tetapi saya juga butuh pendamping bukan?

    malangnya nasibku..

    semoga kalian tidak bernasib sama denganku..

  23. semua yg dikatakan semuanya mank bnr tp kmbali ke kitanya masing-masing, setiap manusia mempunyai pasangannya yg sdh Tuhan Kasih cuma tunggu wktnya Tuhan,kadang qt sebagai manusia memang mengharapkan jodoh dtng cepat,ato instant yg sesuai yg qt harapkan tp pada kenyataanya,contohnya saya,saya masih mencari n menunggu seorang pasangan hidup yg pntng saya dah usaha sp tau hari esok Tuhan lgsng ksh jodoh buat saya.yg penting qt sbg manusia usaha n mencari smp wktnya Tuhankasih..Amin……….

  24. wow ini di tulis tahun 2008. Sekarang sudah tahun 2012 pun masih ada yang Nimbrung. Saya mau salam untuk yang Nulis… Apa Kabar? Bagaimana sudahkan mendapat rokap ni tondi ito? terima kasih atas artikelnya asik buat dibaca… mungkin kalau mau ketemuan sudah tidak usah lagi lewat Gereja, berhubung dunia Maya sudah merajai bagaimana dengan membuat komunitas di dunia maya untuk suku Batak saling bertukar informasi… HORAS! Selamat hari Minggu Tuhan Yesus memberkati…😀

  25. Syàlom.. Lgsg saja dibuat komunitas muda-mudi batak, biar mudah tukar informasi.dan siapa tahu bertemu dgn jodohnya di situs ini. God is good all the time.

    1. Saya blum ketemu pasangan hidup, Saya yakin Tuhan pasti pertemukan saya dengan pasangan yang terbaik. Saya boru situmorang 08159313793.

  26. WOw……… Thanks buat ito, lae, dohot angka dongan na asing, sudah mentempatkan waktu membaca dan menulis komentar, saya sebagai penulis sangat pada awalnya membuat tulisan ini sesuai dengan kondisi yang ada(realita). Saat ini sudah membentuk keluarga, baru beberapa minggu nih, berharap angka ito, pariban, lae dapat menemukan si rongkap ni tondi. Mauliate….

  27. Hahaha,,, bener bgd tuh,, emank sih g semua cwok batak “bgitu” tp mayoritas,,,!!!
    Susah ‎​Ўªªª♌ğ cari karakter d luar “itu”
    ♧3♧

  28. buat aku juga tidak masalah dari suku mana pun itu”tapi alakah indah nya bila kita satu suku dan sudah satu nenekmoyang ”aku juga lagi cari rokap si tondi tapi sampai sekarang belum ada dan usia juga semakin bertambah yeah takut si boru naso lakku”’jika berkenan hub atau sms pasti ku bls”085262962499

  29. ya kenapa sulit ??apa karena aku milih2 tp kurasa tidak ah,,,, skrg aku hanya berdoa saja pada Tuhan saja,..apalagi aku hnya tinggal ma father saja,..umurku sekarang 28 ya ku percaya “ada rencana Tuhan dlm hidupku”,,,sy boru silalahi 021608989192 or 081316433707 ku ingin cwok itu badannya tggi lbh tggi dr ku 170 cm,,,berat badan 55kg aq putih kata org aq cantik tp knp ya?? ya uda aq berserah pada Tuhan aja

  30. Menurut saya cowok batak emang belagu Aª lagi kaloe udh cakep + punya jabatan + ortu orang ada
    Ywdh kita cewek batak cuma bisa bilang jgn mimpi deh

  31. ag umur y 25,aq mau cari cowo orng batak.kl ad dia krj d tangerang,biar dekat gt.tp yg serius,kl udh cocok mau y cpat2 nikah.in no hp y 083876055034.tp yg bnar2 serius y??smoga tuhan yesus mengabvl kan permintaan ku in.

  32. Kenapa jaman sekarang cowok-cowok batak pada pacaran sama cewek yang bukan batak mis: jawa, cina, dll? Padahalkan cewek batak harus dan musti memiliki suami batak, dan banyak juga cewek batak yang mengharapkan memiliki suami batak. Bayangkan coba kalau boru batak ngak laku-laku (maksudnya ngak ada cowok batak yang mau), nah otomatis dia nyari yang bukan batak dan akibatnya anak-anaknya tidak akan menjadi orang batak dan meski suaminya di beri marga lantas siapa yang akan mengajarkan silsilah marga tersebut? Ngak mungkin kan mamanya.. Bagaimana memecahkan masalah ini? Jadi cowok sih enak bisa aja menikah bukan dari suku batak karena masih bisa menjelaskan tentang silsilah marganya, kalau boru kasihan setengah mati cari orang batak tapi orangnya malah pilih cewek suku lain.

  33. kalo saya gak peduli sama begituan bukan karna kampungan, dll. karna saya percaya Tuhan pasti kasih yang terbaik, tau itu orang Batak, Jawa,China. yang penting dalam ngambil keputusan kitanya mintak hikmat ke Tuhan
    GBU

    1. horass..numpang aja apara. aku asli pria batak domisili di bandung. status aku DuReN (dude keren) punya anak 4 (1wanita-3laki). Kalo ada yang berniat serius dapat kontak aku di PIN BB 2A0C2A0C atau 085314781971. mauliate ma akka namarasi roha.

  34. Orang Batak itu banyak kali gayanya, belagu padahal berdiri di atas harta bapak mamanya.. Apalagi klo ada sedikit yg dia punya.. Gaya ngomongnya langsung selangit.. Banyak crita.. Bgitu juga dengan wanita batak klo dia sadar dirinya sedikit lebih cantik dari boru batak yg lainnya Langsung tingkahnya sok jual mahal blagu ngga mau bergaul [berteman) milih milih.. Maaf ya buat smua yg di blog ini. Memang ngga bisa di pungkirin memang uda itu style ciri khas orang batak thanks gbus

  35. Saya boru Simaremare asli Batak Toba tggl di Bengkulu mau mncari jodoh/rokkap yg bs dipercaya dan takut akan Tuhan.
    Please invite me in 21dfbb62.
    Mauliate

  36. `Saya boru hombing asli orang batak tinggal di sulawesi naeng mangalului rkkap, yang bsa menasehati au dan takut akan Tuhan, napaling utama jujur, setia …
    mauliate

  37. saya bukan boru batak tp suka dengan orang batak ga tau kenapa mungkin karena saya stiap dekat pasti dengan laki2 sumatra kali ya.. buat halak batak boleh invite 76b19992

  38. Cari jodoh batak itu bukannya sulit lae, tapi sulit kalipun.
    Ya begitulah batak, banyak hal yg membatasi kita dalam menentukan pasangan. Tapi krn itu merupakan larangan yang bagi orang tua kita sakral, yah ikutin ajalah biar org tua kita senang (tp klo lae nikah sama Taylor swiff org tua masih maklumin kok).

    Btw, cow batak dibilang belagu?
    Ah salah dengar lae tuh, yg bener tuh cow batak baik2, rajin menabung, buang sampah pada tempatnya.
    Hehe

    Salam kenal,
    Tinggal di Jaksel
    Pin bbm 2979 E6 BE

  39. Sya boru batak, lahir dan besar di Bandung.
    Sejak jaman sekolah sampai kuliah, sya bergaul dengan orang” dari berbagai suku bangsa dan agama. Sya dan keluarga juga beribadah di gereja karismatik yang jemaatnya berasal dari bermacam” suku.
    Soal pasangan, sya sendiri saat ini baru berpisah dengan pria Chinese (sebut saja Mr. Tan). Dia orang yang selalu happy and positive, rendah hati, giat bekerja, dan yang pasti cinta Tuhan. Kami pacaran hampir 1 tahun. Tapi akhirnya kami berpisah karena orangtua sya (yang dari awal sudah menentang) memberi ultimatum: kalau kamu pilih kami, tinggalkan dia. Kalau kamu pilih dia, silahkan keluar, tapi tinggalkan kami keluargamu. Padahal orangtua Mr. Tan sudah buka hati walau awalnya mereka pun menolak. Itu salah satu saat terberat dalam hidup sya ketika sya tidak bisa untuk bilang TIDAK. Dan sya pun harus menyampaikan hal itu kepada Mr. Tan. Dengan air mata, dia bilang ,”pilihlah orangtua”.
    Selama berbulan” sya tidak mau ngobrol dengan orangtua. Sya menjadi tawar hati. Melakukan segala sesuatu dengan berat, setiap orangtua tanya sesuatu sya selalu bilang “terserah”. Sya begitu kecewa dengan orangtua sya, begitu juga dengan Mr. Tan karena menurut sya dia pasrah dan tidak mau perjuangin hubungan kami. Sya menjadi kehilangan harapan.
    Tapi… Ada satu hal terakhir yg sya ingat dr Mr. Tan, dia bilang, “sya beriman banget tentang hubungan ini.”
    Well… sya jadi ingat di II Cor 5:7 (silahkan dibaca)
    Sya perlahan” mulai bangkit dan sekarang sya mengarahkan pandangan sya sama Tuhan Yesus, bukan pada situasi/kondisi.
    And 1 more, take a look to your bible Matt 6:33, Luk 11:9-10.
    Semoga saudara” menerima yang terbaik dari Tuhan. JBU.
    Horas!

  40. Hallo salom… Aq ADE Omega Sitanggang… mau bergabung…. moga dapat hikmah ya Amin… phon 081284806116

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s