MANATAR SITOHANG MENIKAH DI SAMOSIR

 

Manatar Sitohang
Manatar Sitohang

Apa yang istimewa dengan menikah di Samosir? Mungkin tidak bagi sebagian orang ya. Tapi bagi Ir. Manatar Halomoan Sitohang, (MBA Krannert School of Management, Indiana, USA) sulung dari 7 bersaudara putera alm. bapak H. Sitohang (Op. ni si Gabriella) dan ibu R. boru Simarmata asal Lumban Sitohang Samosir ini, pilihan menikah di Samosir adalah keputusan yang sangat penting dan sarat makna.

Makna yang pertama ialah Manatar ingin hari bahagianya ini diadakan di depan ibunya br. Simarmata yang telah harus menjadi orang tua tunggal bagi Manatar dan keenam adik-adiknya sejak ia duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Manatar mengingat betul bagaimana perjuangan ibunya untuk membesarkan dia dan adik-adiknya dengan berusaha apa saja agar mereka semua berkecukupan pangan, sandang dan pendidikan.

Manatar dan adik-adiknya meresapi betul perjuangan ibu mereka. Manatar dan adik-adiknya menunjukkan prestasi yang membanggakan di sekolah mereka dengan semua tampil menjadi juara di sekolah yang mereka jalani. Manatar bahkan telah menjadi penerima beasiswa sejak dia diterima di SMA Yayasan Soposurung Balige yang didirikan oleh Letjen. T.B. Silalahi dan beberapa tokoh Batak lainnya, hingga dia kuliah di Institut Teknologi Bandung dan sejak tahun lalu menjadi mahasiswa program MBA di Krannert School of Management Purdue University di Indiana Amerika Serikat dengan beasiswa dari Sampoerna Foundation. Untuk mendapatkan beasiswa pasca sarjana luar negeri (overseas MBA scholarship) dari Sampoerna Foundation, seserang harus melalui seleksi yang sangat ketat karena harus bersaing dengan sarjana-sarjana terbaik lulusan universitas terbaik dari seluruh Indonesia.

Manatar kepada Parhobas blog ini bercerita bahwa dia tidak ingin mengadakan pernikahannya di Jakarta meskipun secara ekonomis mungkin lebih menguntungkan, kerana dia ingin membahagiakan ibunya. Dengan mengadakan pesta pernikahan di kampung halamannya rupanya Manatar ingin membuat ibunya bangga di depan semua handai tolan dan tetangga sekampung di Lumban Sitohang Samosir, bahwa anak yang selama ini diperjuangkannya sudah berhasil menunaikan tugasnya sebagai anak yang baik memenuhi harapan sang ibunda. Manatar mengingat ketika dia berangkat merantau ke Balige, lalu ke Jakarta dan kemudian ke Amerika untuk melanjutkan studi semua dengan restu sang bunda dan semua berbuah keberhasilan. Nampaknya dengan kesadaran yang sama jugalah kini Manatar ingin sekali lagi meminta restu sang bunda sebelum dia melangkah setapak lagi membangun keluarga baru.

Makna lain keputusan menikah di Samosir menurut Manatar juga sebagai bukti kecintaannya kepada Lumban Sitohang dan Samosir tanah kelahiran yang dibanggakannya. Melalui pesta pernikahannya Manatar ingin semua teman-temannya  baik yang berada di Jakarta maupun di mana saja di seluruh dunia mengetahui bahwa Samosir itu adalah tempat yang sangat indah. Dia berharap teman-temannya, khususnya yang bukan orang Batak dan orang asing penasaran untuk datang berkunjung ke Samosir yang merupakan kampung asal mula orang Batak itu.

Manatar akan menikah dengan gadis pujaannya Monika br. Sagala puteri bapak S.H. Sagala dan ibu. J.I. br. Purba asal Pematang Siantar pada hari Jumat, 1Agustus 2008. Pemberkatan nikah menurut rencana akan dilakukan oleh Pdt. W.T.P. Simarmata, Sekjen HKBP di gereja HKBP Lumban Suhi Toruan Samosir. Resepsi akan diadakan di Sopo Godang A.E. Manihuruk di komplek gereja tersebut.

Kepada Parhobas, Manatar menitipkan pesan untuk menyampaikan undangan bagi seluruh pomparan ni Sitohang dohot boruna dimana saja untuk sudi meringankan langkah datang menghadiri pesta pernikahannya di Samosir tanggal 1 Agustus 2008 nanti.

Selamat menempuh hidup baru Manatar dan Monika. Tuhan telah mempertemukan dan menyatukan cinta kalian. Selamat berbahagia.

10 thoughts on “MANATAR SITOHANG MENIKAH DI SAMOSIR

  1. Selamat menempuh hidup baru apparaku,.
    saya senang membaca Yeremia 29:11, sebagai ayat kegemaaran saya, bahwa masa depan “yang penuh harapan” itu akan jadi milik kita, kelarga kita, keturunan kita, Semoga keluargamu menjadi keluarga teladan, dan jadi panutan.

    Horas
    [ Pak Naomi ]
    Batam

  2. Selamat kepada tulang dalam rencana pernikahannya tuhan memberkati.

    Saya masih ingat waktu kecil pernah ke lumban suhi-suhi diwaktu peresmian tugu oppung sitohang,berhubung karena kampung kami jauh(Seribudolok,Simalungun)jadi kami jarang ke lumban suhi-suhi tapi saya masih ingat betul situasi kampung oppungku tersebut (sattabi panggoaran ni tulangku Appapolan) sungguh indah dikampung oppung kalau malam martagading dan kalau siang memancing ikan ditao.

    Songoni ma jolo songon na pasombu sihol tuhuta ni da tulang

    Horasma sian ahu bereni Sitohang

  3. selamat menempuh hidup baru buat ito manatar dgn eda monika. semoga mnjd klrg yg bahagia ampe oppung2 y…,
    GBU

  4. Selamat Berbahagia buat ito. Semoga menjadi keluarga Pilihan Tuhan
    dan menjadi contoh keluarga Teladan bagi Sitohang Big Family.
    Supaya Sitohang semakin menjadi berkat di seluruh Dunia terlebih2 di hadapanNya
    Tuhan Memberkati

    Horas,
    Arintan Sitohang
    Batam

  5. Selamat berbahagia ma ate kawan,
    semoga Tuhan membimbing bahtera keluargamu,
    molo adat on antar songon gadong do on nisuan dison ni tapu disan, jadi sotung pola manarita daging dohot tondim ala so boi ro angka donganmu, tangiang nami ima mandongani hamu.
    horas hamu na di parserahan horas hami na dihuta.
    pir pongki bahul-bahul passalongan sai pirma tondimu jala lam godang angka passamotan, ima tutu pakkat do hotang na tubu di topi ni tapian, manang tudia pe mangalangka sai totongma dapotan parsaulian, hupatolu hali ma sahat solu sahat tu bottean leleng hamu mangolu sai sahat tu panggabean. horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s