ROSMALA SITOHANG: DARI OPERA BATAK KE CAFE BANDUNG

 

Baginya hidup adalah musik Batak. Eskistensi baginya adalah ketika dia berada di panggung dan bermain musik batak. Beri dia panggung untuk bermain, dia akan menemukan hidupnya dengan gembira.

Rosmala Sitohang adalah puteri Dari Uhum Sitohang, pendiri sekaligus pemilik Opera Batak Dos Roha yang sangat populer di Sumatera Utara pada tahun akhir 60 – 70an.  Opera Batak adalah jenis hiburan seni tradisional Batak yang dapat disejajarkan dengan ludruk untuk masyarakat Jawa.

Opera Dos Roha ini mencapai puncak popularitasnya ketika Rosmala mulai ikut manggung dan membintangi pementasan cerita-cerita rakyat Batak. Wajah cantik Rosmala muda yang didukung oleh bakat alamnya sebagai penampil yang serba bisa: menyanyi, memainkan alat musik dan berakting menjadikan Rosmala sebagai primadona opera Dos ni Roha yang penampilannya dinanti-nanti setiap pemuda Batak saat itu.

Dapat dipastikan sebagian besar orang Batak yang saat ini berusia 50 tahun ke atas dan dibesarkan di Sumatera Utara masih mengenal Rosmala Sitohang primadona Opera Dos Roha pada pertengahan tahun 70an hingga awal tahun 80an.

Tapi kesenian Opera Batak saat ini dapat dikatakan sudah mati. Opera Batak tidak dapat bertahan lama sejak masuknya televisi hingga ke desa-desa dan diikuti dengan mewabahnya hiburan jenis baru seperti organ tunggal dan VCD bajakan yang bisa dinikmati setiap saat. Tidak perlu menunggu musim panen tiba ketika rombongan opera biasanya berkeliling dari satu desa ke desa lainnya untuk manggung.

Saat ini Rosmala menghadapi kenyataan pahitnya kehidupan karena panggung baginya menjadi barang mewah. Rosmala jelas kalah bersaing dengan artis-artis baru yang lebih muda, segar dan jenis musik modern. Selera seni masyarakat Batak baik yang tinggal di desa maupun di kotapun sudah jauh berubah.

Namum karena bagi Rosmala hidup yang berarti hanyalah bermain musik Batak, ia mencoba mencari peruntungan dengan pindah ke Jakarta sejak tiga tahun terkahir. Namun di Jakarta Rosmala menemukan kerasnya kehidupan. Dia hanya dapat tampil sesekali di cafe-cafe kelas sederhana atau sesekali manggung di pesta-pesta pernikahan orang Batak yang ada di Jakarta. Selebihnya Rosmala hanya bisa mengamen di tempat-tempat umum termasuk di bis kota.

Baru-baru ini Rosmala pergi menemui Dr. Ir. Benhard Sitohang di Bandung. Benhard Sitohang adalah pakar di bidang IT yang lulusan dari University des Science et Technique de Languedoc Perancis dan salah seorang dosen senior ITB. Apakah  Benhard Sitohang dan Rosmala Sitohang masih bersaudara? Jawabanya sudah barang tentu bisa ya. Sebagaimana semua orang Batak yang mempunyai marga yang sama dapat dianggap masih bersaudara karena diikat oleh silsilah yang akhirnya bertemu di satu nenek moyang yang sama.

Dengan bantuan Dr. Benhard Sitohang, Rosmala mencoba manggung di beberapa cafe yang ada di kota Bandung salah satunya adalah di Happy Cafe.  Dr. Benhard meminjamkan taganing miliknya kepada Rosmala untuk dipakai tampil manggung di cafe karena dia sendiri tidak mampu membeli dengan uang yang dimilikinya sendiri. Ketika akan tampil pembawa acara memperkenalkan Rosmala si Ratu Gendang. Dan ketika Rosmala mulai memainkan taganingnya, dia seketika larut dalam permainan taganing penuh ekspresi dan kegembiraan. Setiap kali Rosmala selesai memainkan satu nomor penontonpun bersemangat memberikan applaus panjang.

Saat-saat seperti itulah Rosmala menemukan eksistensinya hidupnya. Dan saat-saat seperti itulah Rosmala menemukan kebahagiannya. Ketika itulah semua beban kehidupannya menjadi sirna…

One thought on “ROSMALA SITOHANG: DARI OPERA BATAK KE CAFE BANDUNG

  1. Seniman…. memang seniman……..

    Seniman hanya dapat dipahami oleh seniman… sulit dipahami oleh yang bukan seniman………

    Setiap orang punya jiwa seni… tetapi terdegradasi mulai dari yang sekedar bertanya….. menikmati….. mengerti…. memahami…..menjiwai.. dan bahkan menghidupinya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s