PESTA JUBILEUM 75 TAHUN GEREJA KATOLIK DI TANAH BATAK

Tobasa (SIB)
Pesta Yubileum 75 tahun Katolik di Tanah Batak yang berlangsung di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige Kabupaten Toba Samosir, Minggu (13/12) dihadiri kurang lebih 6 ribuan warga Jemaat Katolik dari 12 Paroki yang tersebar di daerah Bona Pasogit kawasan Tapanuli. Pesta 75 tahun Katolik di Tanah Batak, langsung dihadiri Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli dan tampil membawakan khotbah.

Sebelum kebaktian berlangsung, Bupati Toba Samosir Drs Monang Sitorus SH MBA disaksikan Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus Sinaga OFM Cap, Uskup emiretus Pius Datubara OFM Cap dan Dubes Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli meresmikan nama Jalan Pastor Sybrandus van Rossum OFM misionaris Katolik pertama yang masuk ke Batak di Kompleks Sekolah Katolik Soposurung Balige Kabupaten Toba Samosir yang dipandu Lukman Janti Siagian SH.

Saat berlangsungnya kebaktian yang dibawakan Uskup Agung Medan Mrg Dr Anicetus Sinaga OFM Cap dalam ruhut –ruhut ekaristi nabadia pesta 75 tahun huria Katolik di Tano Batak yang semuanya dalam bahasa Batak, diiringi penampilan kolaborasi tortor Batak Toba dengan alat tradisonal Batak Toba berupa gondang dan uning-uningan.
Demikian halnya pada saat penyerahan pelean (persembahan-red) baik berupa kolekte dan juga buah-buahan hasil alam yang dipersembahkan masing-masing paroki dan diterima Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus Sinaga OFM Cap, Uskup emiretus Pius Datubara OFM Cap dan Dubes Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli, semuanya diringi dengan tortor batak dan uning-uningan batak Toba.

Usai Kebaktian, baik Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus Sinaga OFM Cap Uskup emiretus Pius Datubara OFM Cap dan Dubes Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli bersama para Pastor dari 12 Paroki yang tersebar di 4 Kabupaten (Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Samosir) disaksikan ribuan warga Jemaat Katolik dengan menyanyikan O Tano Batak melepas burung merpati dan balon ke udara.

Dubes Sampaikan Khotbah Pesta Yubileum 75 Tahun Katolik di Tano Batak

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli pada khotbah 75 Tahun Katolik di Tanah Batak menyampaikan pesan Paus Benedictus XVI seraya mengajak seluruh umat untuk tetap bergembira dalam Tuhan, karena selain Tuhan sudah dekat dengan jemaatnya dengan kedatangan Yesus Kristus dalam Natal, kita juga merayakan 75 tahun masuknya gereja Katolik di Tanah Batak.

“Masuknya Gereja Katolik ke daerah Tapanuli (Tanah Batak) merupakan momentum yang perlu disyukuri. Kiranya perjuangan para misionaris terdahulu yang datang dan membawa Katolik ke Tanah Batak dan juga membawa kabar kegembiraan untuk tetap diteruskan dan dipertahankan dalam hidup. Kita harus memiliki semangat missionaries yang missioner terdahulu. Dimana semangat ini tidak sempit tetapi secara integral mencakup ke dalam,“ ungkap Dubes Vatikan Uskup Agung Mgr Leopoldo Girelli.

Tidak lupa, Dubes Vatikan untuk Indonesia pada kesempatan itu juga menyampaikan beberapa umpasa Batak Toba, untuk tetap menjaga apa yang menjadi hasil ketetapan sinode Katolik 2008 yang lalu. “Katolik harus bisa menjadi gereja Katolik yang mandiri. Kita juga jangan lupa ketetapan Pastoran Keuskupan yang berlangsung 15 Agustus 2009 yang lalu,“ pesan Mgr Leopoldo Girelli seraya menambahkan untuk tetap menjaga dan memelihara kehidupan antar umat beragama.

Pada saat menyampaikan sambutannya,Leopoldo Girelli mengaku sebagai orang Batak dan bangga menjadi orang Batak . karena selain bergembira bisa hadir bersama-sama dengan seluruh umat dalam rangka 75 tahun Gereja Katolik di Tano Batak. ”Saya berterimakasih karena Katolik masuk ke Tano Batak dan saya juga orang Batak,“ kata Leopoldo yang disambut tepuk tangan seluruh umat yang memadati Lapangan kebanggaan kota Balige itu.

Terimakasih juga disampaikan Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus Sinaga OFM Cap atas kehadiran di Tano Batak yang telah banyak memberi perubahaan-perubahan, baik bidang pembangunan pendidikan, pembangunan poliklinik serta pembangunan ekonomi, pertanian sosial budaya. “ Kami ada program gerakan Tano Batak untuk mengembalikan kembali Dalihan Na Tolu yang merupakan falsafah orang Batak. Pembangunan didasarkan pada kultural serta membuat pembangunan menyeluruh Tapanuli dengan melakukan penghijauan kembali,“ kata Anicetus Sinaga.

Sementara itu, Bupati Toba Samosir Drs Monang Sitorus SH MBA didampingi Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang, mewakili Bupati Taput serta Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon SH Sik MSi membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin SE yang menyampaikan salam kepada seluruh Umat Katolik yang berada di 4 Kabupaten yang merayakan 75 tahun Katolik di Bonapasogit. Gubsu juga berharap, melalui perayaan yubileum ini menjadikan pendorong untuk membangkitkan semangat dalam membina hubungan harmonis sesama umat. diharapkan juga supaya meningkatkan persatuan dan kesatuan jemaat Gereja Katolik di daerah Tapanuli.

“Melalui kegiatan ini membangun solidaritas, kasih dan sayang serta persaudaraan sesama warga jemaat dan sebagai wujud nyata menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan dan kelangsungan gereja Katolik di tanah Batak mapun di tengah-tengah masyarakat,” pesan Gubsu yang disampaikan Bupati Tobasa.
Sementara Ketua Umum Panitia Yubileum 75 Tahun Katolik di Tano Batak AS Pangaribuan BA pada kesempatan itu menyampaikan sejarah panjang perjalanan missionaries pertama Katolik Pastor Synbrandus van Rossum yang datang ke Balige pada tahun 1934 yang lalu. (T11/i)

Dikutip dari Harian Sinar Indonesia Baru Medan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s