PANDUAN TEKNIK MENULIS POPULER: TULISAN PROFIL

Oleh: Petrus M. Sitohang

Menulis profil seseorang dimaksudkan untuk mempublikasikan sisi yang istimewa atau pencapaian seseorang kepada publik. Seringkali tulisan mengenai profil seseorang akan membawa dampak sosial dan ekonomi yang nyata bagi orang yang bersangkutan. Seberapa jauh dampaknya pada orang yang bersangkutan biasanya tergantung pada daya jangkau media yang mempublikasikan orang yang bersangkutan.

Tujuan menulis profil yang positip adalah membantu membangun reputasi baik seseorang. Sebaliknya penulisan profil yang negatif mengenai seseorang akan berdampak sebaliknya yaitu terciptanya kesan buruk terhadap orang tersebut. Kita semua tahu bahwa ada perbedaan antara karakter dengan reputasi. Karakter adalah sifat seseorang yang biasanya berhubungan dengan bawaan sejak lahir (genetik) sedangkan reputasi adalah lebih banyak sebagai fungsi perbuatan seseorang dan publikasi. Idealnya memang karakter itu sejajar dengan reputasi. Tetapi dengan pengaruh industri media masa saat ini seringkali reputasi tidak selalu beriringan dengan karakter.

Profil adalah bentuk singkat dari biografi, jadi tulisan mengenai profil hanya mencakup sebagian kecil dari sisi kehidupan seseorang: misalnya ketika orang tersebut baru merebut suatu gelar, memenangi perlombaan, di wisuda sarja, magister, doktor atau mendapat penghargaan. Sedangkan biografi meliputi rentang kehidupan seseorang sejak lahir hingga saat biografi ditulis. Namun dalam tulisan profil sebaiknya disebutkan juga secara singkat usia, tempat lahir, nama orang tua dan nama saudara-saudara kandungnya dan tentu saja hal-hal istimewa yang ingin ditonjolkan dari diri orang tersebut.

Berikut ini adalah contoH bagaimana sebuah kerangka tulisan mengenai profil dapat dibuat:

Bagian pendahuluan atau pembuka

Tulisan profil dapat dibuka dengan kejadian penting yang baru-baru ini dialami orang yang ditulis, misalnya menikah, mendapatkan anak pertama, atau jenis prestasi yang baru-baru ini diperoleh, atau wisuda sarjana, pemberian gelar doktor atau penganugerahan gelar kehormatan dan lain lain. Pada bagian ini perlu dituliskan juga secara garis besar proses kejadian tersebut, misalnya perjuangan orang tersebut untuk sampai ke tahap tersebut. Kalau hal itu mengenai saat menerima penghargaan maka perlu diceritakan secara singkat nama lembaga yang memberikan penghargaan tersebut. Siapa yang memberikan penghargaan juga seharusnya dituliskan. Bagian ini cukup 1 paragrap saja namun bisa juga lebih tergantung ruangan yang tersedia pada media yang bersangkutan. Namun penting untuk disadari bahwa tulisan yang singkat tetapi padat informasi dewasa ini lebih disukai pembaca.

Bagian isi

Bagian ini diisi dengan latar belakang orang tersebut, mulai dari keluarga pendidikan, pekerjaaan (buat yang sudah bekerja) dan hobi. Pada bagian ini sebaiknya diulas lebih banyak tentang sifat-sifat istimewa atau prestasi lainnya dari orang yang bersangkutan. Misalnya prestasi ketika sekolah atau saat kuliah, atau penerima beasiswa apa dan prestasi atau keterampilan lainnya.

Bagian ini bisa beberapa paragraph tergantung space yang disediakan oleh media tempat profil ini dipublikasikan…

Audiens umum media tempat profil tersebut dipublikasikan juga sebaiknya menjadi dasar untuk pengembangan tulisan pada bagian ini. Kalau media tersebut (koran, website dlsb) ditujukan untuk komunitas Batak, maka sisi kebatakan dari orang yang diprofilkan hendaknya juga ditonjolkan dan diceritakan di sini.

Bagian Penutup

Ini merupakan sisi penting untuk meninggalkan kesan baik dari orang yang ingin kita profilkan.

Bagian ini cukup satu paragrap. Contoh kalimat-kalimat penutup pada bagian akhir dari sebuah profil seperti ini akan sangat baik digunakan.

“Dengan latihan yang lebih intensif  tentang teknik vokal nampaknya Natalie Sitohang akan menjadi pesaing yang kuat dalam setiap kontes batak anak-anak seperti Idola Cilik di masa-masa yang akan datang…”

Contoh sebuah tulisan profil dapat dilihat di link berikut ini: http://sitohangdaribintan.blogspot.com/2008/07/mikhael-sitohang-melanjutkan-tradisi.html

Semoga tips ini berguna.

About these ads

7 thoughts on “PANDUAN TEKNIK MENULIS POPULER: TULISAN PROFIL

  1. winds

    Terimakasih atas Paduan menulis profilnya, Artikel ini sangat berguna bagi saya untuk referensi menulis profil…apalagi untuk mhasiswa yang baru belajar tentang dunia pers seperti saya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s